Politik Pemerintahan

Ansor Jombang: Usut Tuntas Dalang Kerusuhan 22 Mei

Jombang (beritajatim.com) – Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang Zulfikar Damam Ikhwanto mendukung Polri mengusut tuntas kasus kerusuhan 22 Mei di Jakarta. Dengan begitu, semakin jelas siapa yang bermain dalam peristiwa tersebut.

“Kami mendukung Polri mengusut tuntas kerusuhan 22 Mei. Termasuk menangkap dalang atau aktor intelektual kerusuhan tersebut,” ujar Gus Antok, panggilan akrab Zulfikar Damam Ikhwanto, Rabu (29/5/2019).

Gus Antok menulai, pengusutan tuntas terhadap aktor di balik kerusuhan 22 Mei bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia bahwa ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum terhadap para oknum atau siapa saja yang mencoba mengganggu stabilitas keamanan nasional.

Dia melanjutkan, demonstrasi berujung rusuh pada 21 – 22 Mei di Jakarta dapat dipastikan ada unsur kesengajaan. Selain itu juga adanya dugaan keterlibatan kuat dari kelompok orang yang tidak bertanggungjawab. Mereka sengaja membikin rusuh.

Oleh karena itu, kata Gus Antok, Ansor Jombang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polri dan juga TNI atas kinerja profesionalnya dalam menangani aksi kerusuhan tersebut. Bahkan Polri sudah berhasil menangkap ratusan orang yang diduga kuat sebagai pelaku.

Khusus kepada anggota Polri yang saat ini sedang mendapatkan perawawatan di rumah sakit, pihaknya berdoa agar segera diberikan kesembuhan sehingga dapat kembali bertugas menjaga NKRI. “Semoga anggota Polri yang sedang menjalani perawatan segera diberi kesembuhan,” ujar Ketua GP Ansor Jombang ini.

Terakhir, GP Ansor Jombang mengajak seluruh elemen masyarakat agar menghormati hasil keputusan KPU, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu.

“Pemilu sudah usai, mari jalin kembali silaturahmi. Memberikan evaluasi atas penyelenggaraan pemilu itu harus, tetapi mengambil langkah inkonstitusional adalah mencederai demokrasi,” pungkas Gus Antok. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar