Politik Pemerintahan

Anggota TNI Polri Daftar Bacaleg di Madiun, Ini Faktanya

Sebanyak 614 bakal calon legislatif (bacaleg) di Magetan dinyatakan belum memenuhi syarat.
Sebanyak 614 bakal calon legislatif (bacaleg) di Magetan dinyatakan belum memenuhi syarat.

Madiun (beritajatim.com) – Bakal calon legislatif (Bacaleg) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun ada yang masih tercatat sebagai anggota TNI Polri. Hal itu terungkap saat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun melakukan verifikasi administrasi persyaratan bacaleg pakai metode sampling.

“Satu masih tercatat anggota TNI, satu lagi anggota Polri. Secara usia, memang sudah pensiun. Hanya saja secara administrasi masih menunjukkan profesi TNI dan Polri, kami tunggu perbaikan berkas,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar, Jumat (16/6/2023)

Temuan itu berawal saat Bawaslu mengambil sampel sebanyak 2 bacaleg dari setiap partai politik (parpol) di masing masing dapil. Ternyata, 40 persen bakal calon anggota DPRD itu dinyatakan belum memenuhi syarat.

Baca Juga:
Remaja Terluka di Jembatan Ring Road Madiun Ternyata Percobaan Pembunuhan

Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar mengatakan, temuan tak memenuhi syarat mayoritas terkait dengan identitas, baik KTP maupun KTA yang tidak jelas. Ada juga bacaleg ganda partai sebanyak 2 orang..”Karena yang diunggah bukan bentuk asli, tapi dalam bentuk salinan. Sehingga tidak terbaca dengan baik di Silon,” ujar Nur Anwar, Jumat (16/6/2023).

Pihaknya mengatakan, menunggu perbaikan pengajuan mulai dari 29 Juni sampai 6 Juli. Kemudian setelah itu verifikasi administrasi perbaikan pada tanggal 9 hingga 10 Juli. “Kami memastikan kelengkapan, kebenaran dan keabsahan berkas para bakal calon,” pungkasnya. [fiq/ted]

 


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Apa Reaksi Anda?

Komentar