Politik Pemerintahan

Anggota DPRD Jatim Ajak Warga Gotong-royong Tanam Sayuran

Surabaya (beritajatim.com) – Anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDIP, Armuji mengajak warga untuk bergotong-royong menggarap lahan tidur di wilayah Penjaringan Sari Rungkut untuk komoditas pangan.

Cak Ji panggilan akrabnya dan warga kampung bahu-membahu sejak lama membuat aktivitas produktif di kampungnya. Tidak terasa sudah lima bulan bersama warga menggarap lahan tersebut.

Kini, Cak Ji bersama warga kampung menikmati hasilnya. Mereka menggiatkan bertanam bahan pangan di kampung mereka. Selain menggarap lahan tidur milik kampung, warga juga secara pribadi menanam sayuran di rumah.

Kebetulan di Penjaringan Sari ada lahan tidur. Atas inisiatif Cak Ji yang didukung pengurus kampung dan semua warganya, lahan seluas 305 meter persegi itu disulap jadi kebun pangan kota.

“Semua warga bisa memetik untuk keperluan makan sehari-hari. Warga mau nyambal atau memetik buah monggo. Apalagi, saat krisis corona begini banyak yang antusias,” kata Cak Ji, Senin (20/4/2020).

Aneka tanaman, sayur, dan buah sudah tumbuh subur di pekarangan kampung tersebut. Ada kemangi, bayam, daun katu, singkong, ketela, kacang panjang, mentimun, terong, pepaya, kenikir, dan tanaman obat-obatan. Semua terjaga dengan baik.

“Kami bergiliran menggarap pekarangan kampung ini. Kalau sekadar buat masak sayur saban hari di satu RT cukup. Warga pun kini merasakan manfaatnya. Dulu pekarangan ini gersang dan liar,” kata Cak Ji.

Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya dua periode ini terus gotong-royong bersama warga menciptakan lahan produktif. Selain itu, Cak Ji yang juga Bakal Calon Wakil Wali Kota dari PDIP ini juga mendorong urban farming di kampungnya.

Caranya memanfaatkan setiap lahan rumah yang tersisa atau membuat medium tanam lain. “Apalagi saat krisis corona begini, dampak ekonomi sosial warga begitu nyata. Pekerja harian tak lagi mendapat upah, pedagang keliling tak mendapat masukan, ojek online sepi, hingga buruh banyak yang di PHK. Saatnya bergotong-royong menguatkan solidaritas. Di kampung kami hampir setengah tahun warga gotong royong dan saling membantu,” tegas Cak Ji.

Sebagai kader PDIP ini, dia teringat pesan Ketua Umum DPP PDIP Megawati untuk menggelorakan semangat gotong-royong dalam krisis corona. Cak Ji sebelumnya mengantarkan sendiri paket sembako kepada warga yang membutuhkan. (tok/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar