Politik Pemerintahan

Anggota DPR RI Dorong Petani Gunakan Alsintan untuk Genjot Produksi

Jombang (beritajatim.com) – Anggota komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah atau Ning Ema berharap petani di Jombang memanfaatkan alat mesin pertanian (alsintan) untuk menggenjot produksi. Karena jika hasil produksi pertanian meningkat, maka tingkat perekonomian petani juga ikut terdongkrak.

Hal itu disampaikan Ning Ema saat menyerahkan bantuan Alsintan untuk kelompok tani di halaman GOR (Gedung Olahraga) KH Hasbullah Said, PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang, Sabtu (29/8/2020). “Saya berharap adanya alsintan ini bisa meningkatkan produksi pertaninan. Sehingga tercipta kedaulatan pangan,” ujar anggota DPR RI dari dapil (daerah pemilihan) Jatim VIII ini.

Ning Ema mengungkapkan, alsintan yang diberikan kepada kelompok tani di Jatim VIII (Kab/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kab/Kota Madiun) ini meliputi peralatan pra-panen dan pasca-panen. Di antaranya, mesin pemanen padi atau Combined Harvester berukuran besar sebanyak dua unit, kemudian handtraktor roda empat ada delapan unit, hand traktor roda dua ada 37 unit, pompa air serta hand sprayer.

“Pembagian alsintan ini untuk kelompok tani yang ada di Jatim VIII. Namun saat ini mayoritas penerima adalah kelompok tani dari Kabupaten Jombang. Dengan adanya peralatan itu, lebih mengefisiensikan waktu, biaya, serta hasil produksinya lebih meningkat,” ujar Ketua Fatayat NU Jombang periode 2014 – 2019 ini.

Dia lalu merinci, alat pemotong padi berkuruan besar tersebut mampu memanen 10 hektar padi dalam sehari. Tentu saja, hadirnya peralatan yang canggih ini bisa meringankan kelompok tani. Baik dari segi waktu maupun biaya.

Penyerahan alsintan untuk kelompok tani itu juga dihadiri Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, pejabat Pemkab Jombang, Wakil Ketua DPRD Jombang Farid Al Farizi, serta sejumlah anggota dewan lainnya. Mereka mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab berterimakasih atas bantuan tersebut. Karena dengan adanya bantuan alisntan itu bisa meningkatkan produksi hasil pertanian. Kedepannya, Jombang tetap bertahap sebagai lumbung pangan nasional.

“Dengan adanya bantuan alat pertanian modern ini semoga mampu untuk mendorong generasi-generasi muda untuk mencintai sektor pertanian. Selain itu juga agar hasil produksi pertanian di Jombang semakin meningkat. Karena Jombang ini lumbung pangan,” pungkas bupati. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar