Politik Pemerintahan

Anggota DPR Pantau Kesiapan Pembagian Alsintan ke Kelompok Wanita Tani

Jombang (beritajatim.com) – Puluhan KWT (Kelompok Wanita Tani) di Jombang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Kesiapan penerimaan bantuan tersebut dipantau secara langsung anggota Komisi IV DPR Ema Umiyyatul Chusna atau Ning Ema.

Neng Ema berharap bantuan alsintan itu bisa meningkatkan produksi hasil pertanian di Kabupaten Jombang. Dengan begitu, tingkat ekonomi petani bisa semakin terkerek. Pengecekan tersebut dilakukan di halaman Kantor Dinas Pertanian Jombang.

Alsintan berbagai jenis berderet di samping kantor dinas tersebut. Sementara para petani berkumpul di aula untuk menandatangani serah terima alat. Dengan didampingi Kepala Dinas Pertanian Priadi, Neng Ema mengecek peralatan pertanian yang hendak dibagikan itu.

“Yang menerima alsintan ini puluhan KWT di Kabupaten Jombang. Mereka mengajukan bantuan dan kami komunikasikan ke kementerian terkait. Alhamdulillah, besok sudah dibagikan ke masing-masing KWT,” kata politisi asal PPP (Partai Persatuan Pembangunan) ini.

Neng Ema menjelaskan, bantuan alat mesin pertanian itu berasal dari Kementerian Pertanian, KLHK juga dari KKP. “Pembagian secara simbolis dilakukan Sabtu (29/8/2020) di GOR Tambakberas Jombang. Pembagian alsintan dihadiri Bupati Jombang,” sambung Ning Ema.

Sedangkan hari ini, lanjutnya, dilakukan persiapan dan pengecekan berkas serta penandatanganan berita acara penyerahan. Alsintan yang dibagikan itu meliputi hand traktor (roda dua dan roda empat), cultivator, hand sprayer, serta mesin kombin.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Jombang Priadi menambahkan, bantuan yang diberikan kepada Kelompok tani ini dimaksudkan guna mendukung tercapainya kedaulatan pangan secara nasional.

“Zaman semakin maju. Perkembangan teknologi pertanian juga harus mengikuti. Kita tidak bisa selamanya mengandalkan tenaga manusia. Nah, bantuan alat ini untuk mendukung tercapainya kedaulatan pangan,” ujar Priadi. [suf/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar