Politik Pemerintahan

Anggaran THR Bagi PNS Pemkab Sampang Rp 28 Miliar

Foto ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, mengucurkan dana sebesar Rp 28 miliar untuk keperluan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kabid Anggaran Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) setempat, Laili Akmaliyah mengatakan, pemberian THR PNS tahun ini hanya kepada pejabat eselon III ke bawah.

Sementara untuk Pejabat eselon II, Bupati, Wakil Bupati dan anggota DPRD tidak kebagian jatah THR. Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2020 Tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada PNS, TNI/Polri, Pagawai NonPNS, Dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan. “Pemberian THR kepada PNS masih menunggu persetujuan bapak Bupati. THR untuk tenaga honorer masih dibahas,” katanya, Minggu (17/5/2020).

Laili mengatakan, pemberian THR tahun ini berbeda dari sebelumnya. Apabila sebelumnya, THR meliputi komponen gaji dan tunjangan kinerja (tukin), maka pada tahun ini THR hanya meliputi komponen gaji pokok. “Besaran THR PNS tetap satu kali gaji. Tidak ada pengurangan atau pemotongan,” ujarnya.

Soal anggaran, Laili meyakini tidak ada masalah. “Anggarannya sudah disiapkan di APBD 2020. Jadi, kalau sudah ada persetujuan dari bapak bupati, tinggal pembayaran saja,” tuturnya.

Terpisah Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, Arief Lukman Hidayat menyampaikan, jumlah PNS di Kota Bahari sebanyak 6.932 orang. Meliputi eselon II, III, IV, dan pelaksana. Eselon III 153 orang sementara eselon IV ada 499 orang.

“Sisanya terdiri dari PNS Staf dan pelaksana. Tercatat ada sekitar 33 jabatan eselon II-A dan B kosong,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar