Politik Pemerintahan

Anggaran Pemkab Ponorogo untuk Penanganan Covid-19 Telah Cair Rp 22 M

Ketua satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo. (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo sedikitnya sudah mencairkan dana sebesar Rp 22 miliar untuk penanganan Covid-19 di bumi reyog. Itu artinya sudah separuh lebih anggaran Covid-19 digunakan.

Sebab, pemkab setempat menyiapkan anggaran dana penanganan virus asal Wuhan China itu sebanyak Rp 40 miliar. Ketua satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo Agus Pramono mengungkapkan pencairan dana ini selektif sekali. Dicairkan untuk sesuatu yang urgent, bahkan setiap akan ada pencairan selalu dirapatkan dengan tim dari keuangan.

“Mekanisme pencairannya, selalu kita cek dulu dan dirapatkan dengan tim dari keuangan. Apakah pencairan ini rasional atau tidak,” kata Agus, Sabtu (13/6/2020).

Kehati-hatian yang dilakukan ini, kata Agus untuk bisa dipahami oleh masyarakat. Sebab Pemkab semata-mata membelanjakan anggaran untuk Covid-19 ini sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Dana Rp 22 miliar itu digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD). Dimana dulu harganya tidak normal, namun sekarang sudah bisa dikendalikan. Persiapan ruang isolasi seperti di shelter Tambakbayan. Persiapan ruang itu rencananya akan digunakan untuk pasien positif namun termasuk orang tanpa gejala (OTG).

“Ini masih kita rapatkan, rencananya pasien OTG yang positif Covid-19 akan dipindahkan ke sana,” kata laki-laki yang menjabat sebagai Sekda di Ponorogo itu.

Selain untuk APD dan ruangnisolasi, dana itu juga digunakan untuk pergantian alat untuk menunjang atau kebutuhan standar kerja tim dokter. Seperti ruangan yang tidak ada kipas angin dan air conditioning (AC). Terus adanya kipas yang bisa menarik ke luar ruangan. Agus menyebut sebagian besar dana itu, ya untuk pengadaan alat – alat seperti itu, yang lainnya salah satunya juga untuk biaya operasional.

“Intinya penggunaan dana Rp 22 miliar ini bisa kami pertanggungjawabkan. Karena verifikaai atau tahapan untuk pencairan itu selektif sekali,” pungkaanya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar