Politik Pemerintahan

Andi Arief: Demokrat Jatim Siap Lepas Landas Jadi Partai Pemenang Pemilu

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Andi Arief memuji kesiapan DPD Partai Demokrat Jatim menghadapi Pemilu 2024.

Bahkan, dia menyebut Partai Demokrat Jatim siap lepas landas atau take off. “Kalau pesawat yang mau terbang, penumpangnya sudah tiga perempat. Tinggal menunggu seperempatnya yakni para caleg-caleg Partai Demokrat, setelah itu sudah bisa terbang menuju partai papan atas pemenang Pemilu 2024,” katanya usai menjadi pembicara dalam Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Partai Demokrat Jatim, Sabtu (5/11/2022).

Menurut dia, Demokrat Jatim sudah berhasil mengkonsolidasikan infrastruktur partai, struktur organisasi dan kadernya untuk memenangkan Pemilu yang masih akan digelar setahun dua bulan lagi. “Secara umum kesiapan Demokrat Jatim di bawah Pak Emil Dardak sudah bagus tinggal memenangkan saja,” terangnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak menyebut, setelah beberapa kali menggelar konsolidasi, pimpinan partai dari ketua, sekretaris dan bendahara tingkat DPC semakin solid dan kompak untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, semangat pimpinan partai di tingkat DPC se-Jawa Timur kompak dan solid untuk kembali merebut kemenangan Partai Demokrat di Jatim,” katanya.

Wakil Gubernur Jatim ini mengapresiasi hasil survei yang menyebut Demokrat lebih dipilih oleh generasi Z atau pemilih muda. “Karena partai Demokrat sejak awal memang selalu menjawab dan memberikan solusi secara spontan atas permasalahan anak muda,” katanya.

Karena itu, pihaknya sejak awal memang memberi banyak ruang politik kepada kelompok muda agar mereka tidak apatis terhadap politik, dan mendorong mereka agar terlibat aktif dalam pembangunan.

Diberitakan sebelumnya, Survei Litbang Kompas merilis elektabilitas partai politik berdasarkan pemilih Gen Z di kalangan usia 17-25 tahun. Hasilnya, Partai Demokrat menjadi salah satu partai idaman anak muda karena semakin mendapat perhatian besar.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 24 September-7 Oktober 2022, elektabilitas Partai Demokrat di kalangan pemilih anak muda naik dan berada di 18,4 persen. Persentase ini menanjak dari survei Litbang Kompas sebelumnya pada Juni 2022, di mana Demokrat dipilih 15 persen Gen Z.

Angka tersebut membuat Demokrat tetap berada di posisi kedua dalam tren elektabilitas partai politik berdasarkan pemilih anak muda. Posisi pertama tetap dihuni oleh PDI-P dengan 19 persen. Walau persentasenya menurun dari Januari 2022 (19,5 persen) dan Juni 2022 (20,4 persen). [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar