Politik Pemerintahan

Anak Yatim Nonpanti dan Lansia di Kota Mojokerto Terima Bantuan

Mojokerto (beritajatim.com) – Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mojokerto bersama Kantor Pos Mojokerto, Walikota memberikan bantuan sosial untuk anak yatim nonpanti dan dan lansia kurang mampu. Bantuan tersebut diserahkan kepada 292 anak yatim nonpanti dan 1.023 orang lansia kurang mampu.

Kepala Kantor Pos Mojokerto, Y Teguh Santoso mengatakan, pemberian santunan akan dilakukan selama tiga hari. “Dimulai, tanggal 23 dan 24 Mei besok. Kalau penerima bantuan sedang sakit, pegawai dari kantor pos akan melakukan klarifikasi secara langsung ke rumah penerima,” ungkapnya, Selasa (21/5/2019).

Tetapi jika ternyata penerima bantuan sudah meninggal maka akan dibawa dan dilaporkan kepada manajemen sosial untuk dilakukan validasi data, sehingga datanya benar-benar riil. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung di Kantor Pos Mojokerto.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari berpesan kepada para penerima untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik mungkin. “Bantuan yang diberikan adalah uang tunai Rp1 juta untuk anak yatim nonpanti dan uang sebesar Rp500 ribu untuk lansia,” katanya.

Bantuan tersebut sengaja diberikan sebelum Hari Raya Idul Fitri, lanjut Ning Ita (sapaan akrab, red) karena segala sesuatu pasti naik. Sehingga dengan bantuan tersebut para penerima bantuan bisa memenuhi kebutuhan untuk lebaran.

“Untuk menerima bantuan, para penerima tidak perlu membuka rekening, karena bantuan ini diberikan satu tahun sekali. Berdasarkan data yang ada, saat ini ada lebih dari 6 ribu orang warga miskin di Kota Mojokerto. Kedepan akan kami pilah kembali mana yang masih bisa produktif,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Ning Ita, Pemkot Mojokerto akan mengarahkan untuk bantuan pemberdayaan. Tetapi jika memang sudah tidak mampu akan diberikan bantuan yang bersifat konsumtif.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar