Politik Pemerintahan

Amir Aslichin Usul Pemprov Bebaskan Pajak Kendaraan Bermotor

Sidoarjo (beritajatim.com) – Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur H. Achmad Amir Aslichin usul dan meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk membebaskan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) khusus sepeda motor bermesin di bawah 150 cc.

Usulan tersebut sebagai bentuk dispensasi bagi warga Jawa Timur yang juga terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19. Saat ini, Pemprov Jawa Timur telah mengeluarkan kebijakan bebas bebas denda bayar pajak selama dua bulan, bulan April-Mei 2020.

Namun kebijakan tersebut kata pria yang biasa disapa Mas Iin tidak cukup mengurangi beban masyarakat kelas bawah, karena hanya bersifat bebas denda keterlambatan bayar pajak yang nilai jauh lebih kecil dari nilai pajak motor tersebut.

“Jadi kebijakan yang lebih tepat untuk mengurangi beban warga terdampak adalah dengan bebas bayar pajak sepeda motor selama satu tahun,” katanya saat berada di Sidoarjo Senin (13/4/2020).

Mas lin menambahkan, bahwa bebas PKB tersebut berlaku selama satu tahun yang terhitung sejak 1 Mei 2020 sampai 30 April 2021. Masa waktu tersebut dengan pertimbangan puncak wabah covid-29 terjadi pada bulan Juni 2020.

“Penghapusan PKB hanya berlaku untuk kendaraan bermotor roda dua dengan mesin dibawah 150 cc. Pengkategorian tersebut atas pertimbangan bahwa pengguna motor bermesin di atas 150 cc adalah masyarakat kelas menengah atas, sehingga tidak perlu untuk mendapatkan keringanan dari pemerintah,” jelasnya. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar