Politik Pemerintahan

Almarhum Cak Ulum Tembus 10 Besar Suara Terbanyak DPRD Jatim

Jember (beritajatim.com) – Almarhum Miftahul Ulum, calon legislator DPRD Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa, menembus sepuluh besar suara terbanyak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Hal ini terungkap dari hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum Jember, di Hotel Aston, 28 April – 2 Mei 2019.

Ulum meninggal dunia pada 21 November 2018, setelah daftar calon legislator ditetapkan. Alhasil, namanya tidak bisa diganti dan PKB memutuskan namanya tak dicoret. “Ini memang sudah kami rencanakan sejak awal. Kami tidak mau nama almarhum Cak Ulum dicoret. Kita rugi. Pertama, kami tidak bisa mengganti dengan caleg baru. Kedua, namanya dicoret. Ini yang kami tidak mau. Biarlah, kami berikan penghormatan,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Ayub Junaidi tempo hari.

Baca Juga:

    Keputusan PKB ini jitu. Perolehan suara Ulum mengatrol perolehan suara PKB untuk pemilihan caleg DPRD Jatim. Ulum memperoleh 25.292 suara, jauh meninggalkan semua caleg PKB. Dalam daftar 10 besar perolehan suara caleg DPRD Jatim di Jember, almarhum pria yang akrab disapa Cak Ulum ini menduduki peringkat tujuh.

    Muhammad Iqbal, doktor ilmu komunikasi politik Universitas Jember, menyebut faktor psikologis adalah faktor dominan yang paling kuat melambungkan suara Ulum. “Pemilih memang tergolong sebagai loyalis partisan. Karisma Cak Ulum semasa hidup telah menjelma dalam top of mind para pemilih,” kata alumnus Universitas Airlangga Surabaya ini. (wir/kun)

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar