Politik Pemerintahan

Aliansi Advokat Jember Batal Gugat Perbup Pilkades ke MA

Anasrul (dok pribadi)

Jember (beritajatim.com) – Aliansi Advokat Jember batal menggugat peraturan bupati Jember terkait pemilihan kepala desa ke Mahkamah Agung.

“Permohonan tidak jadi kita ajukan, karena ini akan berdampak luas di tengah-tengah pelaksanaan yang kini mulai memanas,” kata Ketua AAJ Anasrul, Minggu (18/8/2019).

September mendatang ada 161 pilkades serentak digelar di Jember. Anas khawatir, jika gugatan diajukan maka semua tahapan akan dibatalkan. “Ini akan menjadi potensi konflik yang lebih besar,” kata pria berkacamata ini.

Namun Anasrul mengingatkan, bahwa tanpa adanya gugatan dari AAJ sekalipun, potensi tertundanya pilkades bukannya tak ada. “Dana untuk keamanan yang dianggarkan dalam Perubahan APBD baru cair sekitar Oktober. Sementara pilkades sudah selesai pada akhir September,” katanya.

Anasrul juga mempertanyakan bisa tidaknya pencairan dana untuk bantuan pilkades dari APBD, mengingat awalnya tidak ada dalam DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran). “Panitia pilkades juga masih membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya),” katanya. Namun, ia mengingatkan peraturan bupati dan surat keputusan bupati harus diubah dulu. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar