Politik Pemerintahan

Jaga Kelestarian Alam

Aksi Cabut Paku di Pohon, DLH Kabupaten Kediri Kerahkan Karyawan

Kediri (beritajatim.com) – Beragam cara dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. Bukan hanya dengan penanaman hutan kembali atau biasa dikenal dengan reboisasi, namun ada cara lain yang cukup sederhana, salah satunya mencabut paku di pohon.

Seperti diketahui, pohon di pinggir jalan raya saat ini ternyata tidak hanya digunakan sebagai peneduh dan kerindangan. Namun, pohon juga digunakan sebagai media pemasangan reklame yakni berbentuk pamflet atau pun banner.

Sayangnya, dalam pemasangannya tidak memperhatikan kelestarian alam. pemasangan biasa menggunakan paku. Yang lebih mengenaskan, paku yang digunakan berukuran besar dan jumlahnya lebih dari satu untuk setiap reklame.

Atas adanya hal tersebut, belasan staf dan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri melakukan aksi cabut paku sisa pemasangan reklame yang menancap di pohon perindang yang ada di pinggiran Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Kecamatan Pare.

Menurut Plt Kepala DLH Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga keindahan kota, memperpanjang usia pohon dan mengatasi pohon disakiti. DLH menurunkan petugas untuk melakukan cabut paku dan reklame yang ditempel atau dipaku ke pohon pelindung.

“Ketika pohon dipaku, dibaut, kawat, ataupun benda logam lainnya, maka kambium dalam batang pohon menjadi rusak sehingga rentan terhadap penyakit. Lebih parahnya, dalam jangka panjang, tidak menutup kemungkinan, pohon akan lebih cepat mati,” ujar Putut Agung Subekti.

Pihaknya menambahkan, kegiatan ini juga bagian dari pembelajaran dan edukasi untuk masyarakat supaya tidak menancapkan paku sembarang di pohon. DLH juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan melindungi pohon untuk keberlangsungan hidup kita sebagai manusia, karena menjaga dan menanam pohon sama halnya menabung air. [adv kominfo/nm]



Apa Reaksi Anda?

Komentar