Politik Pemerintahan

Aklamasi, Sutono Pimpin PWI Jombang

Jombang (beritajatim.com)- PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jombang menggelar konferensi, Sabtu (16/1/2021). Hasilnya, wartawan senior Sutono Abdillah terpilih sebagai ketua periode 2021-2024.

Dengan terpilihnya Sutono, berarti yang bersangkutan menjabat selama dua periode. Karena Sutono sebelumnya menjabat Ketua PWI Jombang 2017-2020. Wartawan senior Jombang ini terpilih secara aklamasi. Sedangkan sekretaris dipercayakan kepada M Syafii dari kompas.com.

Konferansi dipimpin Ketua Bidang Organisasi PWI Jatim Mahmud Suhermono. Hadir pula Ketua PWI Jatim Ainur Rohin dan Sekretaris Eko Pamuji. Acara yang bertempat di aula Dinas Kominfo Jombang ini berlangsung kondusif. Sebanyak 25 anggota dan calon anggota PWI Jombang hadir di kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ainur Rohim berharap agar wartawan di Jombang tetap berada di relnya. Yakni, tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Direktur beritajatim.com ini juga membeberkan kondisi PWI di Jatim.

“Setelah dari Jombang, kita juga menghadiri konferensi PWI Ngawi. Dari seluruh Jatim, sudah terbentuk 28 PWI kabupaten/kota. Jadi hanya dua kabupaten yang belum terbentuk, yakni Lumajang dan Situbondo,” kata Ainur Rohim.

Ainur Rohim juga berpesan kepada wartawan soal pemberitaan ramah anak. Menurutnya, wartawan harus menyembuyikan identitas dalam kasus kejahatan. Identitas itu di antaranya nama, alamat, nama orangtua, tempat sekolah, dan sejenisnya.

“Kalau identitas alamat itu maksimal menyebut nama kecamatan. Desa, nama jalan, tidak boleh disebut. Ini yang harus diperhatikan. Tentunya juga soal kode etik jurnalistik,” ujar pria yang tinggal di Gresik, Jawa Timur ini.

Terakhir, wartawan senior Jatim yang akrab disapa Air ini mengucapkan selamat atas terpilihnya Sutono sebagai Ketua PWI Jombang. “Alhamdulillah, konferensi berjalan lancar. Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Mas Sutono sebagai Ketua PWI Jombang,” pungkas Air. [suf/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar