Politik Pemerintahan

Akhirnya, PPP Pamekasan Serahkan Rekomendasi Calon Ketua Dewan

Sekretaris DPC PPP Pamekasan, Muksin (baju putih) saat menyerahkan berkas pengajuan Ketua DPRD Pamekasan di Gedung DPRD Pamekasan, Senin (7/10/2019). [Foto: Istimewa for beritajatim.com]

Pamekasan (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan, secara resmi menyerahkan surat rekomendasi penunjukan calon ketua dewan ke Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Senin (7/10/2019) kemarin.

Rekomendasi yang diserahkan tersebut merupakan surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP bernomor 2271/IN/DPP/IX/2019 tentang Persetujuan Pimpinan DPRD Pamekasan, Periode 2019-2024, tertanggal 13 September 2019 lalu.

Kondisi tersebut sekaligus melengkapi komposisi pimpinan di gedung wakil rakyat, sebab selama ini hanya PPP yang belum menyetorkan usulan nama yang akan menempati posisi pimpinan. Sementara tiga partai politik (parpol) lainnya sudah menyetorkan sejak sebulan terakhir.

“Alhamdulillah, surat rekomendasi penunjukan ketua dewan dari PPP sudah kami serahkan ke Sekwan (Sekretariat Dewan) pada Senin kemarin. Tinggal menunggu penetapan sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Sekretaris DPC PPP Pamekasan, Muksin kepada beritajatim.com, Selasa (8/10/2019).

Diakuinya, surat rekomendasi yang diserahkan ke Sekwan merupakan rekomendasi yang sebelumnya sudah beredar di berbagai jejaring media sosial. “Yang kita serahkan memang SK yang itu (rekomendasi DPP), jadi surat yang kami serahkan tidak ada perubahan dengan yang kami terima dari DPP,” ungkapnya.

Dalam rekomendasi tersebut, terdapat dua nama kader parpol berlogo Ka’bah yang akan menjabat sebagai ketua dewan secara bergantian. Masing-masing Fathor Rohman untuk 2,5 tahun pertama dan Halili Yasin untuk 2,5 tahun berikutnya.

Hanya saja untuk 2,5 tahun bagi Halili Yasin yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PPP Pamekasan, ia harus kembali terpilih sebagai ketua pada pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) DPC PPP Pamekasan mendatang. Sebab jabatan 2,5 tahun sebagai Ketua Dewan bagi Halili bersyarat sesuai rekomendasi DPP PPP.

“Memang sempat ada protes (Halili Yasin) soal beberapa poin dari surat rekomendasi, apalagi memang masih multi tafsir. Akhirnya kami mencoba menembusi ke DPP dan hasilnya tetap sama, yakni 2’5 tahun kedua bakal dijabat Pak Halili jika ia kembali terpilih sebagai Ketua DPC,” jelasnya.

Sementara Sekretaris DPRD Pamekasan, Masrukin menyampaikan saat ini pihaknya sudah melakukan proses pengajuan komposisi pimpinan di instansi yang dipimpinnya. “Jadi saat ini komposisi pimpinan sudah lengkap, termasuk kuota ketua (DPRD) yang akan diisi PPP. Berkasnya kemarin sudah kami terima,” kata Masrukin.

“Saat ini kita sudah melakukan berbagai rangkaian proses sekaligus pengajuan ke Gubernur Jatim, Insya’ Allah dalam pekan ini sudah rampung. Sehingga beberapa AKD (Alat Kelengkapan Dewan) juga bisa tuntas,” pungkasnya. [pin]





Apa Reaksi Anda?

Komentar