Politik Pemerintahan

Akbar Tanjung: Kemenangan Jokowi Sudah Tampak

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar, Akbar Tanjung mengaku optimistis partainya dapat meraih coattail effect (efek ekor jas) pada Pileg 2019 dengan mendukung Jokowi di Pilpres.

“Sehingga, pemilih Jokowi akan ikut memilih Golkar, bukan hanya memilih PDI Perjuangan,” katanya usai acara ‘Silaturahim dan Pengarahan Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung serta Bimtek Saksi dari DPD Partai Golkar se-Jatim’ di kantor DPD Partai Golkar, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (7/3/2019).

Selain mendapatkan efek elektoral, Akbar menegaskan, dukungan partainya kepada pasangan capres cawapres Jokowi-Ma’ruf dengan nomor urut 01 ini bersifat final dan mengikat. Tak ada kata lain dari para caleg untuk tidak menjalankan instruksi ini.

“Jelas, kalau soal dukungan kepada Pak Jokowi. Dukungan kepada Pak Jokowi dari Partai Golkar sudah diberikan sejak 2-3 tahun lalu. Kami memutuskan mendukung Pak Jokowi melalui mekanisme pengambilan keputusan yang cukup representatif, yaitu Rapimnas dan diperkuat melalui Munas. Munas adalah instansi pengambilan tertinggi di Golkar,” ujarnya.

Menurutnya, potensi kemenangan Jokowi hampir mendominasi di semua wilayah. “Jadi, kami tidak ada keraguan untuk memberikan dukungan ke Pak Jokowi. Di berbagai provinsi, kemenangan Jokowi semakin tampak,” jelas mantan Ketua Umum Partai Golkar 1999-2004 ini.

Ia lantas merinci beberapa daerah yang telah dimenangkan oleh Jokowi melalui beberapa survei pihaknya. Di antaranya, Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kemenangan di Jatim, hampir di atas 60 persen. Jawa Tengah sudah sekitar 70 persen. Jogja apalagi. Di NTT juga semakin tampak,” tuturnya.

Walaupun demikian, pihaknya tak memungkiri dengan masih kuatnya rival Jokowi, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di beberapa daerah lain.

“Beberapa daerah lain, Prabowo juga cukup tinggi. Terutama di Jabar dan beberapa provinsi lain, Golkar harus kerja keras,” terangnya.

Oleh karenanya, meskipun Jokowi unggul di beberapa daerah, pihaknya tetap menginstruksikan kepada para kader Golkar untuk mengoptimalkan kemenangan Jokowi di daerah yang menjadi potensi lumbung suara Jokowi. “Di situ akan kami optimalkan untuk kemenangan Jokowi agar menutupi daerah yang masih lemah,” tukas mantan Ketua DPR RI ini.

Akbar menginstruksikan para calon legislatif Golkar untuk menyelaraskan pemenangan di Pilpres dan Pileg.

Sebagai salah satu bentuk komitmen itu, Akbar meminta para caleg untuk memasang foto capres dan cawapres yang diusung partainya, Jokowi-Ma’ruf.

“Kami menyampaikan kepada para caleg dan pengurus partai di daerah untuk memasang baliho. Selain balihonya sendiri, tidak usah ragu-ragu ikut memasang gambar Jokowi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Akbar Tanjung juga terlihat meninjau ruang Cyber Command Center Golkar Jatim. Akbar nampak didampingi Plt Ketua DPD PG Jatim Zainudin Amali, Sekretaris DPD PG Jatim Sahat Tua Simanjuntak dan Wakil Ketua Bidang Media dan Opini DPD PG Jatim Ali Saiboo. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar