Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

AJI Malang Anggap Tidak Pantas Sikap Arogan Kadisdik Kabupaten Pasuruan

Malang(beritajatim.com) – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang menyayangkan pidato Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Hasbullah. Dalam video viral berdurasi 30 detik dia berpidato mengancam siapa pun yang menganggu masa kepemimpinannya maka akan mati. Sebagai informasi dia baru saja dilantik sebagai Kadisdik.

“Saya sangat menyayangkan materi pidato yang disampaikan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Apalagi pidato tersebut disampaikan di hadapan publik,” kata Ketua AJI Malang, Mohammad Zainuddin, Kamis, (20/1/2022).

Dalam klarifikasinya, kepala Dinas Pendidikan menyebut kepala SD dan SMP di Kabupaten Pasuruan sering menerima ancaman dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Seolah-olah dalam pidatonya wartawan sebagai ancaman pejabat publik. AJI Malang menilai tidak pantas seorang Kadisdik mengeluarkan pernyataan arogan seperti itu.

“Memang kepala Dinas Pendidikan tidak mengungkap oknum yang mengancam kepala SD dan SMP tersebut. Tapi dalam video yang viral itu, seolah menganggap wartawan sebagai ancaman bagi kepala sekolah. Apapun motifnya, pejabat publik tidak pantas mengeluarkan ancaman seperti itu,” ujar Zainuddin.

Zainuddin mengatakan, kerja wartawan dilindungi oleh UU 40 tahun 1999 tentang Pers. Bila ada produk jurnalistik yang merugikan, kepala sekolah atau Dinas Pendidikan bisa menempuh mekanisme yang ada, seperti minta hak jawab, mengajukan hak koreksi, atau bisa mengadu atau melapor ke Dewan Pers.

“Wartawan dilarang melakukan tindak pidana dalam menjalankan kerja jurnalistik, seperti pengancaman, pemerasan, dan sebagainya. Bila ada wartawan yang melakukan tindak pidana, kepala sekolah atau Dinas Pendikan bisa melapor ke kepolisian,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar