Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Airlangga-Cak Imin Jalan Pagi Bareng, Parpol Golkar-PKB Bersiap Koalisi?

Jakarta (beritajatim.com) – Airlangga Hartarto kembali menjadi magnet politik. Kali ini Ketua Umum Partai Golkar itu bertemu dengan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar yang biasa disapa Cak Imin. Pertemuan dilakukan dalam suasana informal saat kedua pemimpin parpol besar itu berolahraga jalan pagi bersama di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu pagi (25/9/2021).

Pertemuan ini langsung mengundang perhatian beberapa awak media yang kebetulan hadir dalam acara jalan kaki pagi yang dilakukan Airlangga beserta beberapa pengurus Partai Golkar.

Sehari sebelumnnya Airlangga bertemu dengan Ganjar Pranowo Gubernur Jateng di Jatinom Klaten Jumat kemarin. Pertemuan tersebut menimbulkan beragam spekulasi ditengah masyarakat dimaknai sebagai komunikasi politik agenda 2024 mendatang.

Sementara pertemuan dengan Cak Imin, beredar diartikan kemungkinan sebagai langkah membangun koalisi mengingat keduanya adalah pimpinan partai pendukung pemerintah.

“Kami pertama (kali) untuk jalan kaki (bersama). Kalau untuk saling berkunjung kan sudah sering. Tapi kan jangan berkunjung terus, resmi-resmian. Ini ‘kan antar pribadi,” kata Airlangga usai jalan pagi.

Selain Cak Imin, dalam pertemuan itu ada pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang menemani Airlangga jalan kaki bersama pukul 08.30 pagi.

Seperti biasa, Airlangga tak mau pertemuan ini dikaitkan dengan agenda politik kedua partai, Golkar dan PKB. Sebaliknya,

Airlangga menyebut jika pertemuan ini lebih bertukar pikiran dan membahas pandemi Covid-19 di Indonesia. Ini yang menjadi fokus utama bagi Airlangga selama ini.

“Kan sama di pemerintah. Mendukung Pak Jokowi. Sudah dikumpulkan oleh Pak Presiden. Tentu prioritas kami sekarang penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, pengurangan kemiskinan,” kata Airlangga.

Sementara Cak Imin mengutarakan pertemuan ini tidak hanya dikaitkan dengan perkembangan politik dan isu terbaru seputar DPR RI. Ia juga menyebut bahwa keduanya hanya membahas dan mengevaluasi berbagai hal terkait ekonomi, dan terutama pandemi Covid-19.

“Ini semakin intens, semakin bagus supaya kita bisa juga update buat DPR buat masyarakat juga,” kata Cak Imin.

Keduanya tampak berbincang santai sembari beristirahat selama sejam lebih, setelah melakukan olahraga jalan bersama. Kemesraan memang tampak dari kedua pemimpin partai besar ini. Apalagi kedua tokoh ini juga memiliki kedekatan dengan organisasi Islam di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

Airlangga seperti biasanya selalu muncul dengan joke segar saat awak media mendesak apakah pertemuan ini terkait rencana koalisi Golkar dan PKB untuk 2024. media.

“Lari pagi itu enggak ada politiknya, yang ada keringatnya. Yang sehat-sehat harus dibangun,” jawab Airlangga.

Seperti sudah kompakan, Muhaimin pun menjawab pertanyaan media dengan santai.

“Senang sekali pagi ini, barengan Pak Menko, Pak Ketua Umum Golkar, ikut jalan-jalan sehat ini. Keringat keluar, insya Allah sehat semua,” ucap Cak Imin yang merupakan kawan lama Airlangga.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar