Politik Pemerintahan

Agus Mahfud: RT di Surabaya Layak Dapat Anggaran 100 Juta/Tahun

Surabaya (beritajatim.com) – Beberapa waktu lalu, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengungkapkan rencananya untuk menggelontor dana hingga 100 juta per RT setiap tahun apabila diberi amanah melanjutkan kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini di Kota Pahlawan.

Merespon hal itu, sosiolog politik asal UNESA Agus Mahfud Fauzi berpendapat jika gagasan yang dilontarkan Whisnu Sakti sudah tepat. Salah satunya, berkaca pada PAD Kota Surabaya.

“Gagasan yang sangat berani saya lihat. Tapi, memang jika melihat PAD Kota Surabaya, memang sudah layak jika masing-masing RT mendapatkan hingga 100 juta itu,” ujar Agus Mahfud, Selasa (12/11/2019).

Lebih lanjut, Agus Mahfud melihat jika rencana Whisnu Sakti menggelontorkan dana besar ke RT diselaraskan dengan program lain agar lebih maksimal. Salah satunya dengan penguatan Badan Usaha milik RT yang juga telah diungkapkan oleh Whisnu Sakti.

“Kalau diselaraskan, maka tentu akan sangat maksimal sekali. Dengan begitu, RT-RT akan mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan menguatkan perekonomian masyarakat langsung ke akarnya,” tegas Agus.

Sebagai informasi, dalam pemaparan visi misi yang Ia miliki, Whisnu Sakti Buana memastikan jika dirinya berencana menggelontor dana untuk RT demi kesetaraan ekonomi.

“Pondasi pembangunan di Surabaya diawali oleh Pak Bambang DH kemudian dilanjutkan oleh Bu Risma. Saya siap mengisi apa yang sudah dilakukan oleh dua kader PDIP itu,” ujar Whisnu Sakti.

“Alokasi anggaran 50-100 juta per RT akan kita wujudkan demi pemerataan pembangunan infrastruktur, SDM, dan ekonomi. Upgrading Kampung Dolly menjadi kawasan sentral industri kreatif akan kita lanjutkan. Badan-badan usaha milik RT akan kita kembangkan bersinergi dengan Kampung Tematik,” pungkasnya.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar