Politik Pemerintahan

Adakan Diskusi Rutin, TMP Surabaya: Politik Harus Mencerdaskan

M Nur Arifin (Mas Ipin) dan Ketua Jong Surabaya Berkemajuan Abdullah Huda sebagai pembicara.

Surabaya (beritajatim.com) – DPC Taruna Merah Putih (TMP) Surabaya mengadakan diskusi sekaligus ngabuburit di Rumah Juang TMP Surabaya, Jalan Raya Darmo nomor 15 Surabaya, Jumat (23/4/2021).

Diikuti secara langsung maupun virtual dengan konsep hybrid oleh kurang lebih 100 orang, diskusi yang dimoderatori oleh Sekretaris TMP Surabaya Setiawan ini berlangsung gayeng selama lebih dari dua jam.

Dengan mengangkat tema Spirit Bung Karno di Bulan Ramadan, diskusi menghadirkan Ketua DPD Taruna Merah Putih Jawa Timur, M Nur Arifin (Mas Ipin) dan Ketua Jong Surabaya Berkemajuan Abdullah Huda sebagai pembicara.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Ipin, sapaan akrab Bupati Trenggalek itu menjelaskan mengenai pentingnya nilai-nilai Islam dalam diri Bung Karno kala memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia juga dilantunkan di Bulan Ramadan kala itu.

“Saudara-saudara bisa membayangkan, pada waktu itu di momen Ramadan, setelah membacakan Proklamasi, para Bapak Bangsa kita yang muslim menjalankan Salat Jumat, demikian pula yang lain ikut serta berbagi kebahagiaan dalam momen yang begitu indah,” ujar Mas Ipin yang juga penulis buku Bung Karno ‘Menerjemahkan’ Alquran.

Sebagai penutup, dia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk terus konsisten menghidupkan ruang-ruang diskusi dan kreativitas anak muda di Surabaya melalui berbagai kegiatan.

“TMP Surabaya harus terus bergerak mengartikan dan memperjuangkan prinsip kemerdekaan di segala sendi kehidupan,” tuturnya.

Ketua DPC TMP Surabaya, Aryo Seno Bagaskoro menyampaikan, bahwa diskusi semacam ini akan dijadwalkan secara berkala dengan mengangkat berbagai tema dan menghadirkan berbagai narasumber.

“Kami terobsesi untuk mewujudkan ekosistem politik yang mencerdaskan dan menghidupkan bagi anak-anak muda,” imbuhnya.

Bagi Seno, politik oleh anak-anak muda tidak boleh hanya dimaknai sebagai upaya meraih kekuasaan, tetapi juga untuk merawat kesadaran bergerak. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar