Politik Pemerintahan

Ada ‘Wisata Jeglongan Sewu’ di Jember, Anggota DPRD Aspal Jalan

Jember (beritajatim.com) – David Handoko Seto, Anggota DPRD Jember, Jawa Timur, memprakarsai pengaspalan lubang jalan di sejumlah titik, Rabu (27/1/2021). Gara-gara Jember belum memiliki anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Pengaspalan jalan berlubang dimulai dari Jalan Bengawan Solo di sisi barat gedung DPRD Jember. “Penambalan jalan dilakukan bersama petugas teknis Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan dikawal langsung kepolisian bersama relawan,” kata David.

Berdasar hasil survei ada 21 titik yang harus diaspal. “Tapi tidak menutup kemungkinan titik itu berkembang lagi jika ada yang meminta dilakukan penambalan jalan,” kata David.

David menegaskan, aksi ini berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya jalan berlubang di Jember. “Sampai Jember terkenal dengan wisata ‘sewu jeglongan’ atau ‘jeglongan sewu’ (seribu lubang jalan),” katanya.

Pemerintah Kabupaten Jember belum bisa mengaspal jalan berlubang, karena APBD 2021 belum disahkan. Akibatnya, tidak ada anggaran untuk memperbaiki jalan berlubang. Alhasil sejumlah kalangan menambal sendiri jalan berlubang di sejumlah tempat di Jember dengan semen.

“Yang mereka lakukan semata-mata panggilan kemanusiaan untuk mengurangi kecelakaan. Tapi kan bahannya tidak standar. Kalau hanya pasir dan semen ketika kena hujan kan ambyar,” kata David. Dia kemudian mengajak sejumlah pengusaha dan relawan untuk memikirkan persoalan itu. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar