Politik Pemerintahan

Fasilitasi Hak Pilih Wabin

Ada TPS Khusus di Rutan Kelas IIB Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Akan ada tempat pemungutan suara (TPS) khusus dalam Pilkada Ponorogo tahun ini. TPS khusus ini ditempatkan di Rutan kelas IIB Ponorogo. Karena berada di dalam Rutan, tentu TPS ini diperuntukkan warga binaan yang ber-KTP Ponorogo.

“Meski sedang menjalani hukuman, warga binaan di Rutan kelas IIB ini masih berhak untuk memilih,” kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Ali Mahfudz, Minggu (15/11/2020).

Ali, sapaan Ali Mahfudz mengungkapkan bahwa nantinya yang menjadi KPPS juga dari petugas penjaga rutan. TPS khusus ini hanya ada satu, yakni di Rutan kelas IIB Ponorogo. Sedangkan untuk rumah sakit atau pondok pesantren, akan difasilitasi melalui TPS di sekitarnya. “Jadi TPS di dalam rutan ini merupakan TPS 8 Kelurahan Banyudono,” katanya.

TPS di rutan ini, lanjut Ali, tidak dibedakan dengan TPS pada umumnya. Nantinya, juga mengikuti penyesuaian pencoblosan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Seperti pemilih harus menggunakan sarung tangan yang disediakan panitia. Juga tidak ada celup tinta.

Sebagai gantinya, jari pemilih akan ditetesi tinta oleh petugas. “Meski terisolasi di dalam rutan, pelaksanaan pencoblosan nanti tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Ali.

Tercatat ada 115 calon pemilih yang berada di dalam rutan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 113 pemilih laki-laki dan dua pemilih perempuan. Ali menyebut data ini berpotensi bertambah, jika ada tambahan warga binaan baru.

Jika warga binaan baru ber-KTP Ponorogo sudah terdaftar sebagai pemilih di TPS asal alamat, maka yang bersangkutan bisa mengajukan pindah pilih. Namun, jika belum terdaftar, warga binaan baru ini dapat memilih dengan menunjukan KTP-el.

Nanti yang bersangkutan terdaftar sebagai pemilih tambahan. “Petugas rutan juga bisa memilih di TPS khusus ini, ya mereka juga harus mengajukan pindah pilih dari TPS asal ke TPS khusus di Rutan kelas II B Ponorogo,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar