Politik Pemerintahan

Ada TPS Khusus di Pilkada Banyuwangi, Untuk Apa?

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Tekhnis, Ari Mustofa

Banyuwangi (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuwangi berencana menempatkan TPS (Tempat Pemungutan Suara) khusus bagi warga yang menggunakan hak suaranya. Terutama bagi warga yang saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit rujukan, karena terinfeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Kita akan tempatkan TPS khusus di tiap Rumah Sakit rujukan untuk mengakomodir pasien positif Covid-19 dan PDP,” kata Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Tekhnis, Ari Mustofa, Selasa (16/6/2020).

Nantinya, kata Ari, penyelenggara pemilu juga berasal dari orang yang khusus, yakni para tenaga medis rumah sakit setempat. Kondisi ini menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan dalam penanganan virus tersebut.

“Ada 885 TPS yang kita ajukan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu, termasuk tambahan TPS khusus itu,” ungkapnya.

Meski demikian, langkah itu masih dalam tahap rencana. Karena, pihak KPU saat ini masih menunggu keputusan dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 di Banyuwangi. “Kita masih terus melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi terkait TPS Khusus di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 ini,” terangnya.

Hingga kini, lanjut Ari, pihaknya terus memantau perkembangan penyebaran virus tersebut. Bisa jadi, TPS khusus ini akan ditiadakan jika pandemi Covid 19 di Banyuwangi segera berakhir. “Tentunya kita semua berharap Pandemi ini segera berakhir sehingga bisa kembali pada kehidupan normal,” pungkasnya.

Rencananya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi berlangsung 9 Desember 2020. Saat ini, KPU Banyuwangi tengah menyiapkan kembali tahapan untuk ajang pesta demokrasi di daerah ujung timur Pulau Jawa tersebut. [rin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar