Politik Pemerintahan

Ada Rekrutmen CPNS, Pengaduan ke Dispendukcapil Ponorogo Meningkat

Ponorogo (beritajatim.com) – Pada masa rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) seperti sekarang ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo agak lebih sibuk dari biasanya. Pasalnya Dinas yang beralamatkan di jalan Aloon-aloon utara terswbut menyediakan loket khusus bagi CPNS yang data kependudukannya bermasalah.

“Kami buka supaya pendaftar CPNS, persoalannya segera terselesaikan,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dukcapil Ponorogo Heru Purwanto, Jumat (22/11/2019).

Heru mengungkapkan sejak dibuka perekrutan CPNS, sedikitnya ada 133 orang yang mengadu ke dukcapil. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan ketidaksinkronan nomor induk kependudukan (NIK) di e-KTP dengan kartu keluarga (KK) ada ketidaksesuaian.

Penyebabnya, kata Heru karena entry data di daerah tidak bisa divalidasi server pemerintah pusat. Server mengalami limited access. “Kebanyakan pelamar CPNS memang mengeluhkan ketidaksinkronan NIK tersebut,” katanya.

Persoalan yang dialami CPNS ini bisa diselesaikan oleh lembaganya. Dispendukcapil, kata Heru mensolusikan dengan mengirim ulang data pemohon lewat update manual. Memang lama, karena harus entry data satu persatu yang bermasalah. Namun permasalahan sudah beres dalam waktu sehari. “Sudah bisa teratasi di Dispendukcapil, jadi perlu menghubungi operator pemerintah pusat untuk pembaruan data,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar