Politik Pemerintahan

Ada 586 ASN di Ponorogo Pensiun, Guru Paling Banyak

Kepala BKPSDM Winarko Arief (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dari catatan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ponorogo, tahun ini akan ada 586 aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun. Jumlah tersebut diluar dari ASN yang mengajukan pensiun dini.

“Jadi itu merupakan jumlah untuk ASN yang pensiun secara reguler, belum yang mengajukan pensiun dini,” kata Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief, Selasa (25/8/2020).

Winarko menyebut jika pensiun tahun ini cukup tinggi, nyaris mencapai 600 orang. Berbeda dengan tahun lalu yang tidak sampai menyentuh angka 500 orang. Ironisnya, solusi pengisian formasi yang ditinggalkan pensiun tahun ini ditiadakan. Ya, dengan alasan pandemi Covid-19, seleksi CPNS tahun 2020 tidak jadi digelar. Baru akan digelar lagi tahun 2021 nanti.

“Seleksi CPNS tahun 2021 nanti akan kami maksimalkan untuk menutupi kekurangan pegawai, utamanya formasi guru,” katanya.

Dari data 586 ASN yang pensiun itu, yang paling banyak adalah guru. Guru menempati daftar pensiun teratas yakni sebanyak 200 orang. Kemudian dibawahnya ada ASN dengan jabatan pelaksana di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), dengan jumlah 71 orang. Sementara, pejabat struktural dari lingkup eselon III dan IV yang pensiun berjumlah 30 orang.

Winarko menambahkan tahun ini ada tiga posisi pejabat eselon II-b yang kosong dan diisi oleh pelaksana tugas (plt). Yakni, kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Sekretaris DPRD, dan Asisten III. Tahun depan, ada tambahan tiga kepala dinas yang pensiun. Yakni kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Kesehatan, dan Asisten I.

“Tahun ini tidak ada pejabat eselon II-b yang pensiun, baru tahun depan ada tiga orang. Yakni kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Kesehatan, dan Asisten I,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar