Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ada 4 Panti Asuhan Baru, Dinsos Ponorogo: Sudah Diverifikasi

Kepala Dinsos P3A Kabupaten Ponorogo, Gulang Winarno. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Tahun 2022 ini, sedikitnya ada 4 panti asuhan baru yang berdiri di Kabupaten Ponorogo.

Panti asuhan itu, izinnya sudah keluar semua. Pun Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Ponorogo juga sudah melakukan verifikasi dan validasi terhadap keempat panti asuhan baru tersebut.

“Tahun ini ada pengajuan baru, ada 4 panti asuhan,” kata Kepala Dinsos P3A Kabupaten Ponorogo, Gulang Winarno, Senin (26/9/2022).

Keempat pantai asuhan itu, yakni panti asuhan Delima Ponorogo yang berada di Desa Kutuwetan Kecamatan Jetis, Perkumpulan Keranjang Sedekah di Kelurahan Mangkujayan Kecamatan Kota, Orsos Nahdlatul Ummah di Kelurahan Kauman Kecamatan Kota dan An Najiyah di Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo.

Gulang menyebutkan bahwa izin dari 4 panti asuhan baru sudah keluar semua. Panti asuhan baru tersebut juga sudah mengajukan bantuan makanan. Namun, pengajuan bantuan makanan itu untuk tahun 2023.

“Sudah melakukan pengajuan bantuan makanan ke Dinsos P3A, namun untuk tahun anggaran 2023 nanti,” katanya.

Dalam pengajuan bantuan makanan itu, 4 panti asuhan baru itu dilakukan verifikasi dan validasi (verval) dari Dinsos P3A. Bila sudah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan, keempat panti asuhan baru itu bakal diajukan untuk mendapatkan bantuan makanan.

“Bila tidak sesuai dengan yang disyaratkan atau tidak layak, ya pengajuannya akan kita tolak dan tidak mendapatkan bantuan makanan,” katanya.

Ditambah dengan empat panti asuhan baru ini, jumlah panti asuhan dan orsos di Ponorogo ada 59 panti. Verval terhadap panti asuhan itu dilakukan rutin oleh Dinsos P3A Kabupaten Ponorogo. Verval dilakukan 3 bulan sekali, salah satunya dalam pengajuan bantuan makanan, dan sebelum pencarian bantuan tersebut.

“Pengawasan juga kita lakukan rutin, verval pun juga kita lakukan rutin,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar