Politik Pemerintahan

Ada 23 Toko Swalayan Jadi Incaran Satpol PP Kota Mojokerto

Anggota Satpol PP Kota Mojokerto menutup permanen toko swalayan di Jalan Residen Pamuji Kota Mojokerto beberapa hari lalu. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto akan menertibkan puluhan toko swalayan yang masa izinnya sudah tidak berlaku. Jumlah ini sesuai koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mojokerto.

Kepala Satpol PP Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan, pihaknya bersama DPMPTSP telah menginventarisasi terkait toko swalayan yang masa berlaku izinnya sudah tidak berlaku. “Kita sudah menginventaris bersama DPMPTSP ada 23 toko swalayan,” ungkapnya, Jumat (19/9/2020).

Satu toko swalayan di depan Pasar Tanjung Anyar dilakukan penutupan secara permanen lantaran berdiri di depan pasar tradisional. Toko swalayan ini menyalahi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 18 Tahun 2015 terkait Penataan Toko Swalayan Yang Jaraknya Terlalu Dekat dengan Pasar yakni minimal 300 meter dari lokasi pasar.

“Ini sudah kita tertibkan, Rabu kemarin dan ada 22 toko swalayan yang masa izin sudah tidak berlaku. Puluhan toko swalayan ini belum diperbarui perizinannya. Masa berlaku toko swalayan ini mulai tidak berlaku pada Juli 2020 kemarin. Padahal, perizinan toko swalayan ini diperbarui setiap tiga tahun,” katanya.

Sehingga petugas melakukan tindakan berupa dilakukan penutupan sementara. Satpol PP Kota Mojokerto bersama DPMPTSP dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bertindak tegas dalam penegakan Perda akan menertibkan toko swalayan yang melanggar aturan tersebut.

“Penindakan penutupan toko swalayan Rabu kemarin, selain yang di depan Pasar Tanjung Anyar karena lokasi dekat dengan pasar tradisional, kita juga melakukan tindakan ke tiga lokasi lainnya. Nantinya dari jumlah tersebut akan dilakukan penertiban,” jelasnya. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk