Politik Pemerintahan

Abdul Halim Iskandar; Gagal di Pemilihan Bupati, Sukses Raih Kursi Menteri

Abdul Halim Iskandar (memegang mikropon)

Jombang (beritajatim.com) – Teka-teki jabatan menteri apa yang akan diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Abdul Halim Iskandar akhirnya terjawab. Itu setelah orang nomor satu di Indonesia tersebut mengumumkan 34 menteri dan 4 pejabat setara menteri, Rabu (23/10/2019).

Nah, dalam pengumuman itu, Abdul Halim Iskandar menjabat sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi. Abdul Halim merupakan Ketua DPW PKB Jatim Timur. Dia juga kakak kandung dari Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Di tanah kelahirannya, Jombang, Abdul Halim Iskandar akrab disapa dengan sebutan Gus Nanang, Gus Halim, juga Pak Halim.

Abdul Halim memulai kariernya dari bawah. Mulai menjadi guru STM, kemudian dosen, hingga menjadi anggota dewan di Kabupaten Jombang. Bahkan bapak tiga anak ini juga mampu menduduki posisi puncak, yakni menjadi Ketua DPRD Jombang selama dua periode (1999 – 2009). Setali tiga uang dengan di PKB, Pak Halim juga menjabat sebagai Ketua Tanfidz DPC PKB Jombang selama dua periode. Baru setelah itu, menjabat sebagai Ketua Tanfidz DPW PKB Jawa Timur. Sedangkan di legislatif menjabat Ketua DPRD Jawa Timur.

Dalam catatan beritajatim.com, Gus Halim juga pernah mengikuti kontestasi pemilihan bupati (Pilbup) Jombang pada 2008. Saat itu Abdul Halim digandeng oleh Nyono Suharli Wihandoko (Mantan Ketua Golkar Jatim). Pasangan cabup-cawabup itu akrab dengan sebutan Nyono-Halim.

Pasangan ini diusung PKB, Golkar, PKS, dan juga didukung PAN. Namun dalam pilkada langsung tersebut paslon Nyono-Halim harus mengakui keunggulan lawannya, yakni pasangan bupati incumbent Suyanto-Widjono Soeparno dengan nomor urut dua yang diusung PDIP dan didukung PPP, PKPI, dan PBSD.

Pasangan lain yang notabene menjadi juru kunci adalah Suharto-Mudjib Mustain yang diusung Partai Demokrat dan sepuluh partai gurem lainnya. Meski kalah dalam pemilihan bupati, Abdul Halim tidak patah arang. Justru pada pemilu 2009, pria asal pesantren Denanyar itu maju sebagai caleg DPRD Jatim dari PKB.

Dari situ Abdul Halim mulai berkiprah di tingkat regional Jatim. Selain menjabat sebagai Ketua DPRD Jatim, juga menduduki Ketua DPW PKB Jawa Timur. Pada pemilu 2019, Abdul Halim Iskandar kembali terpilih sebagai anggota DPRD Jatim, bapak tiga anak ini menjabat wakil ketua.

Nah, di tengah menjalankan tugas sebagai wakil rakyat itulah muncul kejutan. Abdul Halim dipanggil Presiden Jokowi untuk menduduki kursi menteri. Dia menjabat sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi.

Riwayat Pendidikan

Halim Iskandar dilahirkan di Jombang 14 Juli 1962. Dia merupakan cicit dari pendiri NU (Nahdlatul Ulama) sekaligus pendiri PPMM (Pondok Pesantren Mambaul Maarif) Denanyar Jombang, KH Bisri Syansuri. Tentu saja, Halim Iskandar menjalani pendidikan tingkat dasar hingga pendidikan tingkat atas di pesantren kakeknya itu.

Baru setelah lulus dari MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Mambaul Maarif Denanyar, Pak Halim melanjutkan kuliah di IKIP Yogyakarta. Selama menempuh pendidikan di Kota Gudeg, suami dari Hj Lilik Umi Nasriyah ini juga mengasah bakat organisasinya, yakni aktif di PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Sedangkan gelar S-2 Pak Halim ditempuh di IKIP Malang.

Setelah mendapatkan bekal ilmu yang cukup, pria yang pernah aktif di Pramuka ini kembali ke pesantren Denanyar. Selain menjadi dewan pengasuh PPMM, juga mengabdikan diri sebagai guru BP (Bimbingan Penyuluhan) di MAN Denanyar.

Selepas dari Denanyar, Pak Halim juga sempat menjabat sebagai Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sultan Agung Tebuireng Jombang. Bahkan pada rentang 1993 – 1997, Halim Iskandar menjabat sebagai dekan fakultas tarbiyah UNHASY (Universitas Hasyim Asyari) Tebuireng. [suf]

Daftar Riwayat Hidup

Nama  : Drs. H. A. Halim Iskandar, M.Pd
Ttl        : Jombang, 14 Juli 1942
Agama : Islam

Alamat :
Jl KH Bisri Syansuri No. 117 RT.010/RW 002 Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Nama Istri :
Hj Lilik Umi Nasriyah
Jumlah Anak : Tiga

Pendidikan :
1. MI Mambaul Maarif Denanyar Jombang
2. MTsN Mambaul Maarif Denanyar Jombang
3. MAN Mambaul Maarif Denanyar Jombang
4. S1 IKIP Yogyakarta
5. S2 IKIP Malang

Pengalaman Organisasi
1. OSIS
2. PRAMUKA
3. PMII
4. PCNU Jombang
5. Ketua DPC PKB KabupatenJombang 1999-2011 ( Dua Periode )
6. Ketua DPW PKB Provinsi JawaTimur 2011 – Hingga Sekarang

Riwayat Pekerjaan
1. Guru BP MAN Denanyar Jombang
2. Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar Jombang
3. Kepala SMK Sultan Agung Tebuireng Jombang
4. Dosen IKAHA Tebuireng Jombang
5. Dekan Fakultas Tarbiyah “ Universitas Hasyim Asy’ariTebuireng ” , Jombang 1993-1997
6. Ketua Panitia Pemilihan Daerah (PPD) Kabupaten Jombang Tahun 1999
7. Ketua DPRD Kabupaten Jombang 1999-2009
8. Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Periode 2009-2014
9. Direktur Utama PT RSNU Jombang 2012 – Sekarang
10. Ketua DPRD Provinsi JawaTimur 2014 –2019.

11. Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim 2019-2024





Apa Reaksi Anda?

Komentar