Politik Pemerintahan

Bawaslu Sodorkan 21 Pertanyaan untuk Bupati Jember

Andika Firmansyah, salah satu komisioner Bawaslu Jember.

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, akhirnya mengklarifikasi Bupati Faida di kantor lembaga tersebut, Rabu (16/1/2019) siang.

Faida tiba di kantor Bawaslu dengan berpakaian dan berjilbab putih sekitar pukul satu siang. Kedatangannya di luar sepengetahuan wartawan. Sebelumnya dalam dua kali panggilan, dia tak hadir.

Empat komisioner hadir dalam acara itu. Hanya Devi Aulia Rochim yang tak hadir. Sebelum proses klarifikasi berlangsung, Faida disumpah di bawah Alquran oleh salah satu staf Bawaslu. Proses klarifikasi berlangsung kurang lebih 20 menit.

“Ada 21 pertanyaan yang kami tanyakan,” kata Andika Firmansyah, salah satu komisioner Bawaslu Jember.

Pertanyaan seputar kehadiran Faida dalam kongres perangkat desa. Dalam cuplikan video yang beredar di media sosial, ada pernyataan bernada kampanye untuk mencoblos Abdul Rohim, calon legislator DPR RI dari Partai Nasional Demokrat yang juga suaminya.

“Kami bertanya: saat itu bupati hadir sebagai apa, memberikan materi (penjelasan) apa. Termasuk kami menanyakan siapa penyelenggara kegiatan kongres itu dan yang bertanggung jawab siapa,” kata Andika.

Mengenai pernyataan bupati yang bernada kampanye di acara itu, Andika belum mau membuka ke pers. “Kami masih akan bahas nanti. Kami belum bisa menyampaikan,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar