Politik Pemerintahan

Ribuan Santri Pesantren Syaichona Kholil Bangkalan Dukung Gus Ipul

Surabaya (beritajatim.com) – Ribuan santri Pesantren putra sekaligus pesantren putri KH Syaichona Kholil Bangkalan kompak memberikan dukungan bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Dukungan ini mereka simbolkan dengan memberikan surban khusus kepada Gus Ipul yang datang ke pesantren yang ada di dekat alun-alun Bangkalan tersebut, Minggu 1 April 2018.

\”Ini simbol dukungan dari kami, pesantren putra sekaligus pesantren putri kepada Gus Ipul,\” kata RKH Fahrillah Aschal, pengasuh pesantren putra Syaichona Kholil ketika bersama Nyai Mutmainnah mengalungkan surban kepada Gus Ipul.

Nyai Mutmainnah sendiri merupakan Ketua Muslimat NU Kabupaten Bangkalan sekaligus pengasuh pesantren putri Syaichona Kholil.

Pemberian surban ini dilakukan di hadapan ribuan santri putra dan putri serta alumni pesantren Syaichona Kholil.

Menurut RKH Fahrillah, Gus Ipul adalah bagian dari pesantren Syaichona Kholil karena dulu kakek Gus Ipul, KH Bisri Syansuri pernah mondok di pesantren ini.

\”Jumhur (mayoritas) ulama juga menginginkan Gus Ipul sehingga pesantren ini memang wajib mendukung Gus Ipul,\” tegas RKH Fahrillah.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul menceritakan bahwa para kiai dan ulama sejatinya selalu tersambung. Kalau tidak masih satu Nasab persaudaraan, minimal tersambung Nasab keilmuannya.

Dukungan dari para kiai dan mayoritas pesantren kepada Gus Ipul merupakan bukti ketersambungan ini. \”Saya berterimakasih dan bangga karena kepercayaan para kiai dan ulama,\” kata Gus Ipul.

Sekadar diketahui, kedatangan Gus Ipul ke pesantren KH Syaichona Kholil kali ini sekaligus untuk menghadiri Musyawarah Besar Pertama para alumni pesantren Syaichona Kholil. Ribuan alumni dan santri dari berbagai daerah hadir dalam pertemuan kali ini. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar