Politik Pemerintahan

Advokasi di Organisasi, Butuh Komitmen Politis

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Bidang (Kabid) Fisik Bappeda Pamekasan Hamdan Nasution menyampaikan advokasi dan fundraising sangat penting dalam sebuah organisasi. Baik organisasi pemerintahan maupun organisasi masyarakat.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Pengembangan Kapasitas Advokasi dan fundraising, kampanye media yang digelar Sub-Sub Racipient (SSR) Aisyiyah Pamekasan di Hotel Cahaya Berlian Jl Raya Panglegur KM 69-70, Kamis (29/11/2018).

\”Pada dasarnya advokasi dan fundraising merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, output dari advokasi memang ke arah fundraising. Tapi sasaran advokasi secara umum beraneka ragam,\” kata Kabid Fisik Bappeda Pamekasan Hamdan Nasution.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan bahwa proses advokasi merupakan hal penting dalam sebuah organisasi dan seyogyanya harus direalisasikan. Termasuk organisasi kemasyarakatan, seperti Aisyiyah Pamekasan. \”Advokasi memperjuangkan sesuatu atau orang-orang yang terpinggirkan, kalau dalam hal ini HIV dan TBC (program Aisyiyah),\” ungkapnya.

\”Namun yang tidak kalah penting, dalam advokasi membutuhkan harapan dan dukungan dari semua pihak. Di antaranya dalam melakukan advokasi harus ada komitmen politis, dukungan kebijakan dan penerimaan sosial,\” jelas pria yang akrab disapa Pak Hamdan.

Dari itu pihaknya menyampaikan untuk menguatkan bidang advokasi harus memahami konsep dasar dan prinsip yang harus dilakukan. \”Dalam hal ini mapping harus dilakukan secara berkesinambungan, terlebih dalam persoalan anggaran itu harus dikawal dari tingkat paling bawah,\” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar