Politik Pemerintahan

96.035 KPM di Ponorogo Mulai Terima BPNT

Kepala Dinsos PPPA Supriyadi. [Foto/dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain bantuan sosial tunai (BST), mulai Jumat (8/5/2020) kemarin di Ponorogo mulai mendistribusikan bantuan pangan non tunai (BPNT). Bantuan itu senilai Rp 200 ribu, diwujudkan dalam bentuk sembako.

Keluarga penerima manfaat (KPM) akan menerima kartu BNPT sebagai bukti kepesertaan program tersebut. “Penyaluran akan dilakukan secara bertahap, nominal bantuan Rp 200 ribu dalam bentuk sembako,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Supriyadi, Sabtu (9/5/2020).

Pada penyaluran kali ini, kata Supriyadi, ada tambahan puluhan ribu penerima bantuan. Dinsos PPPA mencatat awalnya ada 66.100 KPM yang sudah terdaftar sebagai penerima BPNT. Kini jumlah penerima BPNT di Ponorogo berjumlah 96.035 KPM.

Tambahan penerima manfaat itu seiring dengan penambahan kuota dari Pemerintah Pusat. “Sebenarnya Pemerintah Pusat memberi kuota 37.900 KPM baru. Namun setelah diverifikasi pihak kami dan BNI, yang memenuhi syarat hanya 29.935. Nah, itu tambahannya,” katanya.

Supriyadi menjelaskan, KPM baru yang terdaftar itu, secara bertahap akan menerima penyaluran kartu BPNT dari pemerintah dan BNI. Mereka mendapatkan bantuan terhitung mulai bulan April. Seluruh KPM akan menerima bantuan hingga Desember.

Dengan kuota yang cukup banyak itu, Supriyadi berharap bisa menekan dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 di masyarakat. “Semoga dengan bantuan ini, sedikit membantu bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya bagi keluarga yang prasejahtera,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar