Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

90 ASN Pemkab Sumenep Digeser, Bupati Minta ASN Melek Teknologi

Mutasi 90 ASN Sumenep di Taman Andhap Asor Keraton Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 90 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumenep digeser. Pergeseran itu terjadi pada pejabat fungsional, administrator dan pengawas yang tersebar di OPD, Kecamatan, dan Puskesmas.

“Pergeseran ini merupakan penyegaran, karena banyak juga yang sudah lama duduk di jabatan itu. Sekitat 5 tahun lebih. Mangkanya ini digeser,” kata Bupati Sumenep, Ach. Fauzi, Selasa (14/06/2022).

Mutasi atau pergeseran tersebut juga terjadi pada Kepala Puskesmas. Yang awalnya merupakan jabatan struktural, saat ini berubah menjadi jabatan fungsional. “Kalau promosi pejabat belum ada ya. Sekarang masih pergeseran-pergeseran saja,” ujarnya.

Bupati berharap dengan penyegaran jabatan tersebut, akan berdampak pada peningkatan layanan kepada masyarakat. Termasuk peningkatan kemampuan ASN terhadap penguasaan teknologi.

“Para pejabat ini wajib melek teknologi. Karena sekarang memang eranya seperti ini. Semua serba teknologi. Apalagi untuk pejabat fungsional. Wajib menguasai teknologi karena berkaitan dengan skoring kinerja,” paparnya.

Menurut Bupati, sebagai seorang pejabat, harus kreatif dan inovatif untuk menjawab kebutuhan masyarakat. ASN harus cerdas melahirkan inovasi baru untuk mendapatkan ‘problem solving’. “Inovasi itu jangan hanya sebatas wacana atau kegiatan tanpa hasil. Sebaliknya, inovasi itu harus mampu menghasilkan karya nyata, supaya masyarakat benar-benar merasa terlayani dengan baik,” ucapnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji 90 pejabat administrator, pengawas dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, dilakukan di Taman Andhap Asor Keraton Sumenep. Dari 90 pejabat yang digeser, 27 orang diantaranya berada dalam jabatan struktural. Kemudian jabatan fungsional 33 orang, dan sisanya untuk Puskesmas dengan memberikan tambahan tugas kepada tenaga medis sebagai kepala puskesmas sebanyak 30 orang. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar