Politik Pemerintahan

9.786 Warga Urus Pindah Pilih di KPU Jember

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 9.786 orang warga mengurus pindah tempat memilih dalam pemilu di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ada 5.233 warga yang mengurus pindah pilih ke Jember dan 4.553 orang warga Jember mengurus pindah pilih ke kota lain. Sesuai putusan Mahkamah Konstitusi, ada perpanjangan batas akhir pengurusan pindah memilih dari 14 Maret 2019 menjadi tujuh hari sebelum pemungutan suara.

Namun kriteria warga diperbolehkan mengurus pindah memilih dibatasi menjadi hanya empat kategori. “Pertama, orang yang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Kemudian tahanan lapas. Ketiga, pengungsi bencana alam. Keempat, orang yang pada Hari-H sedang bertugas,” kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Informasi KPU Jember Rima Diana Puspita, Rabu (10/4/2019).

Rima mengatakan, ada Surat Edaran 651 dari KPU RI yang menegaskan pelayanan terhadap empat kategori tersebut. “Ketika dia tidak memperoleh A5 (formulir pindah memilih) berarti tidak bisa memilih selain di alamat KTP,” katanya.

Sementara itu, Sarwendah, salah satu mahasiswi asal Ponorogo, tak bisa mengurus pindah pilih karena tak masuk dalam empat kategori itu. Ia meminta agar ke depan ada sosialisasi. “Kecewa sih. Apalagi sekarang lagi seru-serunya pilih nomor 01 atau 02. Hak suara menentukan Indonesia,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar