Politik Pemerintahan

800 Kilometer Jalan di Jember akan Diperbaiki dalam Tempo 8 Bulan

Salah satu perbaikan jalan secara mandiri di Kabupaten Jember (foto: istimewa)

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan memperbaiki infratruktur jalan sepanjang 800 kilometer dalam waktu delapan bulan ke depan. Bupati Hendy Siswanto mengatakan, kondisi infrastruktur di Jember memprihatinkan.

“Kita ambil contoh di Kecamatan Jelbuk. Naik ke Panduman, di Tenab sana. Jalannya berantakan, hancur semua. Bagaimana mereka bisa melakukan komunikasi dengan yang lain, untuk turun (pergi ke daerah lainnya, red) susah,” kata Hendy, saat menyampaikan pidato perdana sebagai bupati dalam malam silaturahmi dengan pejabat dan tokoh masyarakat, di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat malam (26/2/2021).

“Kenapa kok (perbaikan) jalan? Kenapa kok tidak yang lain? Kenapa kok harus delapan bulan. Dengan anggaran cukup besar kita melakukan perbaikan jalan, akan menjadi suplemen. Kalau kita mengerjakan jalan, katakanlah (dengan biaya belanja) Rp 1 triliun, nilai yang dibawa kontraktor atau pengusaha tidak lebih dari 20-25 persen. Tujuh puluh lima persennya dibelanjakan di dalam, diberikan ke tukang-tukang, dibelanjakan untuk beli material dan sebagainya,” kata Hendy.

“Apa yang terjadi? Perputaran keuangan selama delapan bulan, Rp 120 miliar per bulan, akan terjadi di Kabupaten Jember. Ini yang akan menggerakkan ekonomi kita di Kabupaten Jember,” kata Hendy.

Hendy meminta kepada media massa untuk bisa memberitakan pengerjaan infrastruktur tersebut. “Dampaknya apa? Investasi akan masuk di Jember. Publik luar Kabupaten Jember akan lebih percaya kepada kita. Ini akan memunculkan optimisme kembali dari masyarakat Jember,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar