Politik Pemerintahan

80 Titik CCTV Dipasang di Ruas Jalan Polres Mojokerto Kota

Mojokerto (beritajatim.com) – Untuk menekan dan mengantisipasi aksi kejahatan di tengah arus mudik dan balik lebaran, Polres Mojokerto Kota mengoptimlakan pantauan Closed Circuit Television (CCTB). Ada 80 titik CCTV dan fasilitas IT yang sudah terpasang di sejumlah ruas jalan.

Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setyono mengatakan, command center menjadi hal yang terpenting di tengah menghadapi arus mudik dan balik lebaran. “Karena di Command Center yang menjadi pusat informasi itu petugas juga langsung bisa pantau arus lalu lintas mudik dan balik lebaran,” ungkapnya, Sabtu (1/6/2019).

Command Center sebagai sarana pengendalian dan pengawasan terhadap situasi di lapangan. Ada 80 titik CCTV yang terpasang di wilayah Kota Mojokerto termasuk di beberapa titik di jalur By Pass Mojokerto. Pasalnya, jalur nasional ini merupakan jalur rawan kemacetan dan antar kota, antar provinsi.

“Di setiap titiknya masing-masing dilengkapi dengan tiga-empat CCTV, juga di sejumlah ruas jalan Kota Mojokerto. Seperti Jalan Majapahit, Gajahmada, Bhayangkara, Pahlawan, Benpas dan sejumlah jalur lainnya. Ini untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemantauan kondisi arus lalu lintas,” katanya.

Disisi lain, pemasangan CCTV juga sebagai bentuk pemantauan pemeliharanaan Harkamtibmas. Untuk memudahkan pemantauan, di ruang Command Center ada layar monitor terbagi enam monitor berukuran jumbo yang terhubung ke 80 CCTV.

“Sehingga jika terjadi kemacetan maupun tindak┬ápidana curanmor atau gangguan kamtibmas lainnya, dengan cepat bisa terpantau dan dikendalikan dari sini,” jelasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar