Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

75 Persen DBHCHT Pemkab Bangkalan Digunakan Untuk Kesehatan

Wakil bupati Bangkalan, Mohni.

Bangkalan (beritajatim.com) – Dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) di Kabupaten Bangkalan, sebesar Rp 15 milyar. Dari jumlah tersebut, 75 persen anggaran habis untuk penanganan kesehatan.

Wakil Bupati Bangkalan, Mohni menyebutkan, anggaran tersebut mengalami penurunan sebanyak Rp 3 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. “Di tahun 2020 kami menerima sebanyak Rp 18 milyar, untuk tahun 2021 anggaran DBHCHT kami terima Rp 15 milyar,” jelasnya, Kamis (30/9/2021).

Tak hanya itu, ia juga mengaku serapan dana tersebut melebihi batas ideal sebesar 50 persen. Hal itu disebabkan, tingginya angka kasus Covid-19 di bulan Mei hingga Juli 2021 lalu. “Serapan hingga saat ini sudah mencapai 75 persen digunakan untuk sektor kesehatan, sisanya dialokasikan untuk sektor lain salah satunya untuk operasi pasar dan sosialisasi pita cukai rokok,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bea Cukai Madura, Yanuar Calliandra menyebutkan penggunaan dana sebesar 75 persen tersebut telah dikonsultasikan ke pusat dan provinsi. “Penyerapan tersebut sebelumnya sudah dikonsultasikan sehingga tidak ada masalah. Meski begitu kami meminta kerjasama seluruh pihak untuk bersama-sama mengawasi anggaran itu,” pungkasnya.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar