Politik Pemerintahan

74 Persen Anggaran Kementerian LHK untuk Rehab Lahan

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Ruandha Agung Sugardiman (kiri) dan Rektor Unej Moh Hasan.

Jember (beritajatim.com) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tengah mengusahakan rehabilitasi 12 juta hektar lahan kritis dan restorasi dua juta hektar lahan gambut. Mereka terus mencegah kebakaran hutan yang menyebabkan bencana asap.

“Kementerian LHK menganggarkan 74 persen anggarannya atau setara 3,4 trilyun rupiah sebagai anggaran rehabilitasi lahan di Indonesia,” jelas Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Ruandha Agung Sugardiman, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (20/7/2019).

Ruandha menambahkan, upaya penurunan produk Gas Rumah Kaca (GRK) di bidang kehutanan ditempuh dengan usaha penanggulangan deforestasi di Indonesia. Pemerintah mengupayakan angka deforestasi ditekan dari 600 ribu hektare per tahun menjadi 325 hektare per tahun.

Hal ini disampaikan Ruandha dalam kegiatan kuliah umum bertema Tantangan Perubahan Iklim Masa Depan: Menstimulasi Upaya Aksi Mitigasi dan Adaptasi Masyarakat yang Cepat Tanggap terhadap Perubahan Iklim, yang digelar di aula lantai tiga gedung rektorat dr. R. Achmad, Jumat (19/7/2019).

Dirjen PPI Kementerian LHK ini lantas mengajak dunia perguruan tinggi untuk turut berpartisipasi dalam pengurangan produksi GRK. Kementerian LHK memiliki Program Kampung Iklim atau Proklim. Program ini mendidik dan mempersiapkan masyarakat Indonesia agar mampu beradaptasi dengan perubahan iklim serta usaha mitigasi bencana akibat perubahan iklim.

“Program-program dalam Kampung Iklim didesain agar mudah diaplikasikan oleh warga semisal memanen air hujan, pembuatan sumur resapan, pembuatan septic tank komunal, bagaimana menjaga hutan dan lainnya,” kata Ruandha.

Program-program ini dapat dimulai dengan survei kerentanan iklim di daerahnya masing-masing untuk kemudian diaplikasikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar