Politik Pemerintahan

7.792 Personil Gabungan Disiapkan Amankan Pemilu di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 7.792 personil gabungan diterjunkan ke lapangan guna mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) di Pamekasan, yang akan digelar serentak, Rabu (17/4/2019) besok.

Jumlah tersebut melipiti sebanyak 956 personil Polri, 450 personil TNI, 6.266 personil pelindung masyarakat alias Linmas, serta sebanyak 120 personil Satpol-PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan.

Bahkan dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 204 personil yang tergabung dalam BKO Brimob Polda Jawa Timur, juga diterjunkan ke lapangan guna melapisi pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Pasukan dua kompi Brimob akan melapisi ribuan pasukan pengamanan yang sudah kita siapkan sebelumnya, nantinya mereka akan melakukan pengamanan mulai distribusi logistik hingga patroli ke objek vital di wilayah hukum Polres Pamekasan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, Selasa (16/4/2019).

Tim pasukan pengamanan juga dihimbau agar bisa bekerja maksimal dan profesional demi mewujudkan pemilu damai dan berintegritas. “Usahakan jaga koordinasi dengan ulama, tokoh masyarakat, limas, KPPS di setiap TPS. Sehingga tercipta pemilu yang damai,” imbaunya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas dan ketertiban dalam pelaksanaan pemilu. “Untuk pasukan pengamanan selalu waspada, jika ada keributan maka harus dipisah supaya tidak memancing keributan yang lain,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan pemilu di Pamekasan, tercatat sebanyak 706.753 orang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 341.967 pemilih laki-laki dan sebanyak 364.786 pemilih perempuan.

Mereka nantinya akan menggunakan sekaligus menyalurkan hak suara di sebanyak 3.133 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar