Politik Pemerintahan

7.387 ASN Disumpah, Khofifah Pastikan Hafal dan Pahami Nawa Bhakti Satya

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengambil sumpah jabatan kepada 7.387 ASN Pemprov Jatim. Kepada mereka, Gubernur Khofifah berpesan agar dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai ASN senantiasa berseiring dengan semangat Nawa Bhakti Satya dalam menjalankan setiap tugas-tugasnya.

Gubernur Khofifah menegaskan, ada sembilan program yang terangkum dalam Nawa Bhakti Satya. Sembilan program tersebut merupakan pengabdian yang diikhtiarkan untuk memuliakan masyarakat Jatim. Ada Jatim Sejahtera, Jatim Akses, Jatim Agro, Jatim Harmoni, Jatim Cerdas dann sehat, Jatim Kerja, Jatim Diniyah, Jatim Amanah dan Jatim Berdaya.

“Saudara tidak boleh tidak hafal, tidak boleh tidak tahu. Meskipun saudara adalah guru. Kalau para guru maka tidak sekadar mengetahui Jatim Cerdas dan Sehat, tapi juga memahami bahwa ada Jatim Akses di dalamnya,” tutur Gubernur Khofifah di sela Pengambilan Sumpah ASN dan Penyerahan SK Kenaikan Pangkat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (13/10/2020).

Nawa Bhakti Satya, lanjut Khofifah, merupakan satu kesatuan untuk mengabdikan seluruh energi positif demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Jatim.

Selain Nawa Bhakti, Khofifah juga menegaskan pentingnya ASN dalam menjaga ritme kerja yang CETTAR. Tagline ini mengharapkan kinerja ASN Pemprov yang cepat, efektif dan efisien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif. “Kami harap saudara semua mendalami kecepatan dan ketepatan dalam memberi respon serta efektivitas kerja masing-masing,” ujar gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Lebih lanjut Khofifah juga menekankan pentingnya ASN dalam memahami bahwa Jatim sebagai Bumi Majapahit tempat Bhinneka Tunggal Ika dikenalkan dan Merah Putih dikibarkan. “Maka saya minta mereka hatinya harus merah putih, pikirannya merah putih, gerakannya merah putih, dan langkahnya merah putih. Artinya, NKRI harga mati,” ujar Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

Dalam pelantikan tersebut, sedikitnya ada 7.387 ASN dari 47.517 ASN yang mengikuti sumpah jabatan. Selain itu, juga diserahkan SK kenaikan pangkat kepada 715 ASN Pemprov Jatim. “Semua ada kaitannya dengan angka tujuh.

Kata Pak Sekda (Heru Tjahjono) tujuh itu pitu, artinya pitulungan. Ini bukan ngeramesi atau ngotak-atik angka. Mudah-mudahan Allah memberi anugerah pertolongan kepada kita semua. Ekonominya sehat, masyarakatnya sehat, ekonominya slamat, masyarakatnya selamat,” imbuh Khofifah.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menambahkan, pengambilan sumpah ini dilakukan menggunakan protokol kesehatan. Maka, dari 7.387 ASN yang disumpah hanya 58 ASN. Sementara 7.329 orang lainnya mengikuti secara virtual.

“Sebanyak 7.387 ASN ini tersebar di 30 OPD Pemprov Jatim. Sedangkan untuk kenaikan pangkat diberikan mulai dari golongan I-C hingga IV-B sebanyak 715 orang,” pungkas Sekdaprov Heru yang didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Nurkholis. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar