Politik Pemerintahan

63 Persen Jemaah Calon Haji Kabupaten Mojokerto Masuk Ketegori Risiko Tinggj

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 1.808 Jemaah Calon Haji (CJH) Kabupaten Mojokerto dipastikan berangkat ke tanah suci dalam musim haji tahun 2019 ini. Dari 1.808 CHJ tersebut, 63 persen masuk kategori risiko tinggi (risti).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto, Mukti Ali mengatakan, data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto sebanyak 63 persen CJH Kabupaten Mojokerto tahun 2019 masuk dalam risti.

“Sebanyak 1.009 CjH tergolong risti. Ada kategori usia, yakni jemaah di atas 60 tahun masuk kategori risti walaupun sehat. Rata-rata di atas 60 tahun punya keluhan sakit, rata-rata hipertensi dan diabetes. Memang kebanyakan yang berangkat masuk lansia,” katanya.

Menurutnya, ini lantaran usia pendaftar CJH usia mapan sehingga ketika musim keberangkatan mereka dalam keadaan risti. Bukan karena prioritas lanjut usia (lansia) yang diberangkatkan kecuali tambahan kuota tahun 2018 lalu, 50 porsi berikutnya dan 50 persen untuk usia. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar