Politik Pemerintahan

6 Polres Latihan Bersama Pengendalian Massa di Ponorogo

Personel kepolisian melakukan latihan Dalmas di Stadion Batoro Katong. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jajaran Polres di korwil V atau wilayah eks Karesidenan Madiun, mengadakan latihan pengendalian massa (Dalmas). Latihan yang melibatkan kurang lebih 700 personel digelar selama 2 hari dari tanggal 20-21 Juli 2020 di Stadion Batoro Katong.

Latihan Dalmas dilakukan dalam rangka menghadapi Pilkada maupun penanganan unjuk rasa di wilayah Kabupaten/Kota se eks Karesidenan Madiun.

“Latian Dalmas diikuti Polres di Korwil V yakni  Polres Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan dan Ponorogo,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Muchamad Nur Azis, Senin (20/7/2020).

Tahun ini, kata Azis ada 3 wilayah yang akan menggelar Pilkada, yakni di Ponorogo, Ngawi dan Pacitan. Meski tidak ada Pilkada, Polres Magetan, Polres Madiun Kota maupun Kabupaten juga ikut latihan. Dengan harapan, jika suatu saat nanti diperlukan, bisa mem-backup keamanan di daerah yang menyelenggarakan Pilkada.

Personel kepolisian melakukan latihan Dalmas di Stadion Batoro Katong. (Foto/Endra Dwiono)

“Terkait tempat latihan Dalmas yang di Ponorogo, itu hanya gantian saja. Tahun lalu di Madiun, jadi tahun ini jadwalnya di Ponorogo,” katanya.

Latihan ini dipandu oleh Tim Instruktur Dalmas Brimob Polda Jatim. Azis menyebut latihan ini berguna untuk menghindari kesalahan prosedural. Materinya pun mulai dalmas awal, negosiasi oleh Polwan hingga dalmas lanjutan. Sehingga standar operasional prosedur  (SOP) dalam menghadapi massa selaras dari polres satu dengan polres lainnya.

“Jadi instruktur dari Tim Dalmas Brimob Polda Jatim berkeliling  untuk melakukan pelatihan. Dan kali ini jadwalnya ya di jajaran Polres korwil V ini,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar