Politik Pemerintahan

6 Bulan, Ponorogo Habiskan Rp 19 M untuk Penanganan Covid-19

Program vaksinasi menyedot anggaran yang cukup besar. [Foto/dok.beritajatim]

Ponorogo (beritajatim.com) – Tahun 2021, Pemkab Ponorogo menganggarkan Rp 77 miliar untuk penanganan Covid-19. Hingga Juni, Pemkab Ponorogo sudah mengeluarkan biaya senilai Rp 19,25 miliar untuk program tersebut.

Jumlah itu dipastikan semakin bertambah, selaras dengan permintaan biaya untuk kegiatan-kegiatan penanganan Covid-19 yang terus berjalan. Sebab, pertambangan kasus positif dan kasus pasien Covid-19 pun hampir setiap hari ada.

 

“Dari total anggaran penanganan Covid-19 tahun 2021, hingga saat ini sudah terserap sebanyak 25 persen,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono, Kamis (1/7/2021).

Agus Pram, panggilan akrab Agus Pramono menyebut pihaknya mempertanggungjawabkan anggaran yang keluar sesuai dengan ketentuan dan fungsinya. Termasuk anggaran untuk insentif tenaga kesehatan (nakes).

Menurutnya, pencairan anggaran penanggulangan Covid-19 harus sesuai aturan main yang dipatok pemerintah pusat. Jika tidak sesuai ketentuan dan peruntukan, anggaran yang diajukan tidak akan cair. Agus mengatakan untuk Ponorogo selama ini lancar dan tidak ada masalah. “Alhamdulillah, selama ini pengajuan dari Ponorogo tidak ada masalah,” katanya.

Serapan anggaran Covid-19, tentunya selaras dengan tingkat penanganannya. Jika banyak pasien yang terpapar, tentu kian banyak juga pengeluarannya. Apalagi jika banyak pasien positif yang akhirnya meninggal dunia. Sebab, pemulasaran jenazah pasien Covid-19 dengan protokol kesehatan ikut menyedot anggaran.

Selain itu, penambahan kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan juga cukup menguras anggaran. Kemudian pengeluaran cukup besar juga terjadi dalam pelaksanaan vaksinasi. Pendistribusian vaksin dan pelaksanaan penyuntikan dengan nakes sebagai vaksinator membuat pencatatan cost terus bertambah. “Pelaksanaan program vaksinasi juga menyedot pengeluaran yang cukup besar,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar