Politik Pemerintahan

59 Desa Gelar Pilkades Serentak, Polresta Mojokerto Terjunkan 908 Personil Gabungan

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto dalam upacara Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2019. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada 59 Desa dari empat kecamatan di wilayah hukum Polresta Mojokerto yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019, Rabu (23/10/2019) besok. Sebanyak 908 personil diterjunkan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi enam tahun tersebut.

Upacara Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2019 di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota digelar di Lapangan Desa Jolotundo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Selasa (22/10/2019).

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto mengatakan, apel penggelaran personil adalah salah satu upaya pengecekan akhir kekuatan pasukan sekaligus sebagai kesiapan Polri bersama stakeholder dalam mengawal dan mengamankan jalannya pemungutan suara Pilkades Serentak di wilayah Hukum Polresta Mojokerto.

“Demokrasi dalam konteks pilkades yang dapat difahami sebagai pengakuan keanekaragaman serta sikap politik partisipasif dari masyarakat dalam bingkai demokratisasi pada tingkat desa. Oleh karena itu, TNI/Polri dan masyarakat berkewajiban untuk saling mendukung dan menjaga situasi yang damai selama pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019,” ungkapnya.

Masih kata Kapolresta, saat ini banyak kejadian-kajadian yang ingin memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa. Kapolresta berharap, semua elemen masyarakat jangan sampai terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Dalam pengamanan tahap pemungutan suara, kita harus tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan dengan mengedepan kan sikap persuasif, simpatik, humanis, tegas dan terukur. Ada 59 desa dari empat Kecamatan yang menggelar Pilkades,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolresta berpesan, untuk selalu meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan berdo’a agar dalam melaksanakan tugas diberikan kesehatan dan keamanan. Secara tekun dan aktif mengikuti perkembangan situasi, jangan under estimate atau menganggap remeh.

“Personil yang terlibat pengamanan diharapkan bersikap netral dan tidak memihak pada salah satu calon. Seluruh pihak pengamanan agar berikan pelayanan terbaik dan perlakukan secara adil serta laksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan iklhas,” pesannya.

Sehingga, lanjut Kapolresta, dalam pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan aman, tertib dan terkendali namun juga akan bernilai ibadah di mata Allah SWT. Adapun personil yang melaksanakan pengamanan Pilkades Serentak sejumlah 908 personil.

Denganngan rincian, sebanyak 378 personil Polresta Mojokerto Kota dan Polsek Jajaran Polresta Mojokerto, 60 personil BKO Polres Lamongan, 60 personil BKO Polres Gresik, 60 personil BKO Polres Bojonegoro, 60 personil BKO Polres Tuban, 60 personil BKO Polres Ngawi.

Sebanyak 60 personil BKO Polres Tanjung Perak, 60 personil BKO Polres Pacitan, satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Sat Brimob Polda Jatim dan satu regu Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar