Politik Pemerintahan

KPU Kabupaten Mojokerto Masih Cek dan Hitung 63.395 Dukungan Calon Independen

Mojokerto (beritajatim.com) – Pasca penyerahan berkas dukungan minimal calon independen ditutup pada, Minggu (23/2/2020) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto masih dalam proses pengecekan dan penghitungan Form B.1 KWK Perseorangan (pernyataan dukungan). Ada satu calon independen yang menyerahkan berkas dukungan minimal ke KPU Kabupaten Mojokerto.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Divisi Teknik, Achmad Arif mengatakan, sampai dengan Senin (24/2/2020), KPU Kabupaten Mojokerto masih melakukan proses pengecekan dan penghitungan B.1 KWK. “Dari jumlah yang masuk, yakni sebanyak 63.395, kita sudah melakukan pengecekan dan penghitungan di 5 kecamatan,” ungkapnya, Senin (24/2/2020).

Pihaknya masih melakukan proses penyesuaian dengan formulir B.1 KWK. Salah satu indikator B.1 yakni harus dilampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau surat keterangan (suket) dan tanda tangan pendukung. Jika memenuhi B.1 absah sehingga dihitung, jika tidak dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tidak ikut dalam penghitungan.

“Dari pengecekan ternyata ada beberapa B1 tidak ditempeli e-KTP, tapi pakai SIM. Ada yang tidak ada tanda tangan sehingga tidak kita ikutkan dalam penghitungan. Dari hasil pengecekan dan penghitungan kita ternyata tidak memenuhi syarat maka akan kita terbitkan BA dan ditolak artinya tidak diterima, tidak memenuhi syarat,” katanya.

Arif menjelaskan, jika memenuhi syarat, jumlah, sebaran dan kesesuaian maka akan diterbitkan berita acara dan tanda terima. Pengecekan dan penghitungan sesuai tahapan dilakukan KPU Kabupaten Mojokerto hingga Rabu (26/2/2020) besok, sementara proses verifikasi administrasi tanggal 27 Februari 2020 hingga 25 Maret 2020.

“Jika sudah selesai maka turun ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual dengan metode sensus. Nantinya, ada proses rekapitulasi di tingkat kabupaten itu yang menjadi ukuran syarat minimal dukungan KPU memenuhi syarat atau tidak. Untuk saat ini, kita tidak bisa memastikan karena sampai saat ini masih proses pengecekan dan penghitungan,” tegasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menutup penyerahan berkas syarat dukungan minimal bagi calon perseorangan atau independen dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto, Minggu (23/2/2020) pukul 00.00 WIB. Hanya satu pasangan independen yang menyerahkan berkas syarat dukungan minimal yakni pasangan Subagya Martasentana-Abdi Subhan. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar