Politik Pemerintahan

53 Balon Kepala Daerah Jalani Fit and Proper Test di PDIP Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengatakan, ada 53 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mengikuti tahapan Fit and Proper Test di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri Surabaya, Rabu (18/9/2019).

“Pada hari Minggu kemarin, kita sudah melaksanakan fit and proper test bakal 11 calon untuk calon Wakil Bupati Tulungagung. Kemudian pada Rabu (18/9/2019) hari ini ada fit proper test 53 bakal calon untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk wilayah Dapil Jatim 1 hingga Jatim 8. Seharusnya hari ini ada 61 orang bakal calon, tapi yang hadir 53 orang. Sedangkan, pada Kamis besok ada 65 orang bakal calon,” kata Kusnadi didampingi Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari dan pengurus DPD lainnya.

Fit and proper test adalah suatu mekanisme yang diperintahkan oleh DPP PDIP melalui aturan-aturan partai untuk melakukan proses penyaringan tingkat pertama.

“Fit proper test ini bukan ujian, akan tetapi kami mau mendalami kesiapan dan kesungguhan para calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang akan berangkat dari PDIP Perjuangan. Kalau mereka dipercaya oleh DPP PDI Perjuangan menjadi calon kepala daerah, apakah mereka benar-benar sudah siap untuk namanya berkontestasi berkompetisi dengan calon-calon yang lainnya ini,” jelasnya.

Bagaimana dengan mereka yang tidak hadir pada fit proper test? “Yang tidak hadir akan kami berikan catatan. Hari ini kami memberikan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat tertulis, nanti setelah mereka mengisi seluruh pertanyaan-pertanyaan itu, kami akan dialami lagi secara verbal. Jadi, kita explore lagi apakah memang jawaban-jawaban yang mereka berikan itu hanya sekadar jawaban atau memang itu keluar dari hati nuraninya, dengan segala pertimbangan dan perhitungan, nah inilah nanti yang akan dilakukan pendalaman,” tuturnya. (tok/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar