Politik Pemerintahan

52 Artikel Penelitian Karya Dosen untuk Forum Riset

Pamekasan (beritajatim.com) – Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, menerima sebanyak 52 artikel hasil penelitian dosen atau peneliti dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di wilayah setempat, yang dipersiapkan untuk kegiatan Forum Riset Daerah.

Jumlah tersebut merupakan artikel karya dosen maupun peneliti dari 10 PT berbeda di Pamekasan, mencakup beragam karya peneltian dari beragam bidang kajian khususnya melalui bidang penelitian terapan.

“Berdasar deadline yang sudah ditetapkan, total artikel yang masuk terdata sebanyak 52 artikel karya dosen maupun peneliti dari 10 Perguruan Tinggi di Pamekasan,” kata Pelaksana Forum Riset Daerah DRD Pamekasan, Akmad Fawaid, Sabtu (14/11/2020).

Dari jumlah tersebut, terdata hanya lima PT di kabupaten Pamekasan yang tidak berpartisipasi dan tidak mengumpulkan artikel hasil penelitian. “Sesuai deadline yang sudah ditentukan, terdapat lima Perguruan Tinggi yang tidak mengumpulkan artikel hasil penelitian,” ungkapnya.

“Bahkan dari 10 Perguruan Tinggi yang menyetor artikel hasil penelitian, beberapa kampus juga ada yang menyetorkan artikel hasil penelitian lebih dari 10 artikel. Itupun juga dilakukan secara kelompok dan bukan penelitian individu,” sambung Fawaid.

Lebih lanjut dijelaskan, artikel hasil karya dosen dan peneliti tersebut nantinya akan dilakukan review oleh Tim Asesment yang dibentuk DRD Pamekasan. “Selanjutnya kita akan pilih 10 artikel yang diprioritaskan sebagai perwakilan dari masing-masing PT,” jelasnya.

“Namun yang pasti dari 10 artikel yang terpilih nanti merupakan artikel yang kami persiapkan sesuai dengan kuota yang sudah kita putuskan bersama, jadi bukan dalam artian sebagai artikel terbaik, tetapi kami sesuaikan dengan isi Jakstrada Pemkab Pamekasan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dari total artikel yang diterima DRD Pamekasan. Nantinya juga direncanakan untuk disatukan dan dijadikan sebuah buku, sekaligus sebagai upaya untuk dijadikan sebagai referensi membantu sektor pembangunan di Pamekasan.

Sebelumnya Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo menyatakan komitmennya untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, guna merealisasikan berbagai program yang digagas untuk beberapa tahun kedepan.

Bahkan pihaknya juga mengaku salut dan sangat mengapresiasi dengan obsesi yang dicanangkan pemkab demi mewujudkan Pamekasan Bhejre, Rajjhe tor Parjhuge melalui spirit Pamekasan Hebat. “Istilah Pamekasan Hebat ini mengandung arti tekad besar untuk membuat daerah maju dan hebat, sebuah terobosan mulia,” pungkasnya. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar