Politik Pemerintahan

5000 KK Kota Kediri Terdampak Covid-19 Terima JPS Bulan Juni

Kediri (beritajatim.com) – Pemkot Kediri menyalurkan bansos dari Pemprov Jatim untuk 5000 KK warga Kota Kediri yang terdampak Covid-19, Kamis (18/6/2020). Bansos ini berupa suplemen dan uang sebesar Rp 200.000,-/bulan untuk alokasi Mei, Juni, Juli 2020.

“Pelaksananya BPBD. Kriteria penerima adalah semua warga yang terdampak Covid-19,” kata Triyono Kutut, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri. Bantuan ini berupa suplemen dan uang tunai Rp 200.000,- yang disalurkan melalui Bank Jatim Kediri.

Hari ini, pembagian dilakukan di 24 kelurahan dari 3 kecamatan di Kota Kediri. Pendataan lewat e-bansos yang dikoordinir oleh RT/RW setiap kelurahan. Menurut Kutut, penerima tersebar luas dari berbagai kalangan yang terkena dampak Covid-19. Beberapa pengusaha kecil pun menerima bantuan karena pemasukannya memang menurun drastis. Syaratnya hanya belum menerima bantuan sebelumnya.

Sebagaimana Hari, pemilik toko kelontong di daerah Bence merasakan manfaat dari bantuan yang diberikan pemerintah.

“Saya bersyukur mendapatkan bantuan karena selama pandemik, pendapatan menurun drastis,” kata Hari.

Pengambilan dilakukan di kelurahan selama 2 hari ini yaitu Kamis dan Jumat, Kamis (18/06). Hari kedua akan membagikan sejumlah 22 kelurahan. Syaratnya hanya membawa undangan, KTP, dan KK. Undangan diberikan oleh RT/RW beberapa hari sebelumnya sebagaimana yang sudah terdata.

Secara keseluruhan, pengambilan bantuan ini berjalan tertib. Masyarakat pun menaati protokol kesehatan dengan mengenakan masker. Petugas penyalur memastikan mereka tetap menjaga jarak dan tidak bergerombol. Oleh karena itu, pembagiannya dibagi per kelurahan agar tidak bersamaan. [nm/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar