Politik Pemerintahan

50 Warga Sidomulyo Terpapar Covid-19, Ini yang Dilakukan Pemkot Mojokerto

PIC Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo.

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 50 orang warga Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto terpapar Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melakukan sejumlah upaya agar virus tidak cepat menyebar.

Hal tersebut dikatakan Person In Charge (PIC) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo. “Guna memastikan seluruh warga terindikasi kontak erat telah dilakukan isolasi. Mengevakuasi warga untuk dilakukan isolasi sesuai kondisi masing-masing,” ungkapnya, Kamis (17/6/2021).

Masih kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) ini, jika warga ada gejala sedang atau berat di isolasi di RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Sementara untuk warga dengan gejala ringan atau tidak bergejala di isolasi ke Rumah Observasi Rusunawa Cinde.

“Melakukan pembatasan aktifitas masyarakat dengan menutup akses ke lingkungan tersebut yang dijaga sama TNI/Polri dan Satpol PP. Kita juga mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan maka warga serta memberikan vitamin bagi warga yang sekarang berada di lingkungan yang tidak bisa beraktivitas keluar,” katanya.

Gaguk menambahkan, Pemkot Mojokerto juga meningkatkan kapasitas tempat tidur baik untuk ruang ICU atau ruang ISO Covid-19 di RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo maupun di Rumah Observasi Cinde. Tak hanya itu, disinfeksi lingkungan juga dilakukan yakni penyemprotan disinfektan yang dilakukan setiap hari.

“Kita juga mengirimkan sampel bagi yang positif dengan stelvio (SUV) rendah untuk dilakukan uji lebih lanjut guna mengetahui apakah di dalam kasus ini ada virus varian baru. Itu ada 8 hal yang tidak dilakukan oleh Pemerintah Kota Mojokerto hingga saat ini,” jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 96 orang warga Lingkungan Sidomulyo Gg 3 dan Gg 4 Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto dilakukan tracing. Dari 96 orang warga tersebut, sebanyak 50 orang warga dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Tracing dilakukan sekaligus untuk menganalisa warga terkait kronologi atas terpaparnya warga di Lingkungan Sidomulyo. Pemerintah Kota Mojokerto masih menunggu perkembangan dari tim yang melakukan tracing.

Sebanyak 50 orang yang dinyatakan positif tersebut terdiri dari 44 orang positif berdasarkan PCR dan 6 orang positif berdasarkan rapid antigen. Sebanyak 50 orang tersebut langsung dilakukan isolasi di dua tempat berbeda. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar