Politik Pemerintahan

25 Orang Dikukuhkan Langsung

50 Paskibraka Pamekasan Dikukuhkan Lewat Video Conference

Pamekasan (beritajatim.com) – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kabupaten Pamekasan yang akan betugas pada momentum HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), secara resmi dikukuhkan di ruang peringgitan Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1, Sabtu (15/8/2020).

Pengukuhan tersebut dilakukan secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono mewakili Bupati Pamekasan Badrut Tamam. Di mana total sebanyak 75 orang secara resmi dikukuhkan sebagai Paskibra yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera merah putih, Senin (17/8/2020) mendatang.

Dari total jumlah tersebut, tercatat hanya sebanyak 25 orang yang dikukuhkan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sementara sisanya mengikuti melalui video conference di berbagai kecamatan di Pamekasan.

“Pada awalnya sempat menjadi persoalan terkait penyertaan Paskibra pada upacara proklamasi kemerdekaan Ke-75 RI, menyusul adanya surat edaran yang kami terima pada Januari 2020 dan akhirnya ada penundaan proses rekrutmen sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19,” kata Sekda Pamekasan, Totok Hartono.

Beruntung sebelumnya, pihaknya juga sudah membuat surat edaran seputar rekrutmen calon anggota Paskibra dari berbagai kecamatan berbeda di Pamekasan. “Berdasar arahan dari pusat bahwa pengibar bendera dibatasi, maka Pemkab membatasi proses rekrutmen,” ungkapnya.

“Namun yant pasti, di setiap kecamatan di Pamekasan nantinya juga akan dilaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka upacara proklamasi kemerdekaan ke-75 RI, dan tentunya juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai edaran pemerintah pusat,” jelasnya.

Selain itu juga terdapat hikmah dibalik kondisi tersebut, sekaligus diharapkan dapat motivasi seluruh anggota Paskibra sebagai generasi penerus yang tangguh. “Pengukuhan ini merupakan rangkaian peresmian mereka sebagai paskibraka, tentunya menjadi kebahagian tersendiri bagi mereka yang sudah dikukuhkan,” pungkasnya. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar